Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Berbasis Qr-code Pada Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan RME kelas III Sekolah Dasar

Renata Dynawantika, Rosita Ambarwati, Cerianing Putri P.

Abstract


pembelajaran matematika memiliki peran penting dalam kehidupan sehri-hari. Fakta yang terjadi didunia pendidikan, proses pembelajaran matematika di sekolah dasar masih kurang pemahaman terkait dengan pembelajaran konsep. Media Pembelajaran  ular tangga digital dipilih karena manarik untuk dikembangkan.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembeajaran ular tangga digital  berbasis qr-code pada perkalian bilangan cacah dengan pendekatan RME. Pengembangan media pembelajaran digital berbasis qr-code ini dikembangkan melalui platfrom geneally dengan metode Research and Development ( R&D ). Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran ular tangga digital berbasis qr-code valid digunakan atau dapat dikatakan sangat praktis dan efisien.

Keywords


Media pembelajaran digital;Permainan Ular tangga, Qr-code, Bilangan cacah, RME ( Realistic Mathematic)

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8, 22–35.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Fauziah, D., & Djazari, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Qr Card Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 2 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22056

Hastiwi, F., Ratnaningsih, A., & Suyoto, S. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Teori Belajar Behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung. Syntax Idea, 3(8), 1834. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1418

Hidayat, E. R., & Supriyanto, B. (2021). Validasi Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroler Model Traffic Light Pada Mata Pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(1), 9–16.

Ignes Zaneta, V. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD.

Lestari, I. C. (2021). 79 | P a g e. Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.

Makmuri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Kota Tangeran. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.21009/jrpms.031.03

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7.

Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 140–152. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13513

Nafi’a, M. Z. I., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Tringo dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 349. https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p349

Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911

Oke, A., & Fernandes, F. A. P. (2020). Innovations in teaching and learning: Exploring the perceptions of the education sector on the 4th industrial revolution (4IR). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(2). https://doi.org/10.3390/JOITMC6020031

Rachmawati, R. (2020). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (Skl), Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (Kd) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73

Rahmawati, M. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS Melalui Soal Open Ended Berbasis Daring Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 155–165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.122

Resky, M., Wahab A, A., & Buhaerah, B. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 45. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7126

Ridha Yoni Astika, Bambang Sri Anggoro, & Siska Andriani. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29

Rusman. (2015). Curriculum Implementation at Elementary Schools: A Study on “Best Practices” Done by Elementary School Teachers in Planning, Implementing, and Evaluating the Curriculum. Journal of Education and Practice, 6(21), 106–112. http://search.proquest.com/docview/1773225459?accountid=8330

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta cv, Bandung.

Vawanda, J., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD Development of Qr Code-Based Mathematics Learning Media for Geometric Thinking Level of Grade IV Elementary School Students (Vol. 8, Issue 7). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Wibowo1, A., & Suryana, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA E-FLIP POCKET BOOK AUDIOVISUAL (LIPOBO) MATERI SEJARAH PENJAJAHAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 27(3), 259–280.

Yurniwati, Y., & Handayani, R. (2019). Pengaruh Metode Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Matematis Ditinjau dari Konsep Diri pada Siswa SD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 27. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Renata Dynawantika, Rosita Ambarwati, Cerianing Putri P.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.