Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Game Kelas IV SD Negeri Carikan

Putri Meribet Puspitaningrum, Endah Lely Trianawati, Ibadullah Malawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat SD Negeri Carikan Desa Carikan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur melalui penggunaan media pembelajaran game. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi. Yang dimaksud Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh peneliti bekerjasama dengan guru kelas dan dosen penguji dilakukan di kelas atau di sekolahan dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari 10 siswa terdapat 6 siswa belum mencapai ketuntasan KKM. Melalui penggunaan media pembelajaran game siswa mampu fokus dalam menyajikan data dalam bentuk diagram batang dengan benar dan mencapai ketetapan tujuan pembelajaran 100%. Kondisi awal presentase ketuntasan yaitu 40%, lalu mengalami peningkatan pada siklus I dengan dua siswa mengalami peningkatan menjadi sebanyak 60%. Pada siklus I hasil belajar meningkat namun belum optimal, sehingga dilakukannya tahap pelaksanan siklus II dan mencapai ketuntasan 100%. Penggunaan media pembelajaran game pada pelajaran Matematika berupaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan analisis data dengan triangulasi data dapat disimpulkan kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan media pembelajaran game. Adapun kelebihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siswa aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran tidak monoton. Sedangkan kekurangannya kondisi kelas tidak kondusif sehingga perhatian guru pada anak yang diamati terganggu.

Keywords


Hasil Belajar, Matematika, Media Pembelajaran Game

Full Text:

PDF

References


Albdullalh, D. I., Malstur, Z., & Sutalrto, H. (2015). KEEFEKTIFAlN MODEL PEMBELAlJAlRAlN PROBLEM BAlSED LEAlRNING BERNUAlNSAl ETNOMAlTEMAlTIKAl TERHAlDAlP KEMAlMPUAlN PEMECAlHAlN MAlSAlLAlH

SISWAl KELAlS VIII. Unnes Journall of Malthemaltics Educaltion,

All-Shalral, I. (n.d.). LEAlRNING AlND TEAlCHING BETWEEN ENJOYMENT AlND

BOREDOM AlS REAlLIZED BY THE STUDENTS: Al SURVEY FROM THE

EDUCAlTIONAlL FIELD. https://www.resealrchgalte.net/publicaltion/280579886

Alulial Ralhmaln, Al., Almallial, Y., Binal Balngsal Meulalboh, S., & Nalsionall MeulalbohTalpalktualn Peunalgal Cut Ujong Kec Meureubo Kalb Alceh Balralt, J. (n.d.).

PENGEMBAlNGAlN MODUL MAlTEMAlTIKAl BERBAlSIS

ETNOMAlTEMAlTIKAl UNTUK MENINGKAlTKAlN KEMAlMPUAlN

PEMECAlHAlN MAlSAlLAlH SISWAl. In Malret (Vol. 7, Issue 1).

Calstro Galrces, Al. Y., & Malrtinez Gralnaldal, L. (2016). The Role of Collalboraltive

Alction Resealrch in Tealchers’ Professionall Development. PROFILE Issues in

Tealchers’ Professionall Development, 18(1), 39–54.

https://doi.org/10.15446/profile.v18n1.49148

Khalsinalh, S. (2013). CLAlSSROOM AlCTION RESEAlRCH. In Jurnall Pionir (Vol.

, Issue 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Meribet Puspitaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.