Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan MediaI Mathquest Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Eva Rama Ayunda Putri Prima Dini, Elly’s Mersina Mursidik, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


PenelitianI iniI bertujuanI untuk mengetahuiI pengaruhI keterlaksanaanI modelI LearningI CycleI 5EI denganI berbantuanI mediaI mathquestI denganI pembelajaranI denganI metodeI ceramah.I PenelitianI iniI menggunakanI penelitianI eksperimenI denganI desainI TrueI ExperimentalI DesignI denganI jenisI desainI PosttestI OnlyI ControlI GroupI Design.I SampelI penelitianI terdiriI dariI duaI kelas,I yaituI kelasI IVAI sebagaiI kelasI kontrolI danI kelasI IVBI sebagaiI kelasI eksperimen.I TeknikI pengumpulanI dataI yangI digunakanI adalahI dokumentasi,I danI testI posttest.I AdapunI instrumenI yangI digunakanI adalahI dokumentasiI danI tesI hasilI belajarI berupaI pilihanI ganda.I DataI yangI dikumpulkanI dianalisisI denganI menggunakanI analisisI statistikI denganI ujiI t.I HasilI penelitianI iniI menunjukkanI bahwaI persentaseI ketuntasanI hasilI belajarI siswaI padaI mataI pelajaranI matematikaI kelasI IVI SDNI KarangtengahI 4I NgawiI diI kelasI eksperimenI danI kelasI kontrolI sebesarI 3,34I %I danI 96,68%I dinyatakanI tidakI tuntas.I KeterlaksanaanI pembelajaranI denganI menggunakanI modelI learningI cycleI 5EI diI kelasI eksperimenI dapatI dilihatI dariI hasilI observasiI yangI dilakukanI bahwaI rata-rataI ketercapaianI kegiatanI tahapanI prosesI pembelajaranI yangI dilakukanI olehI guruI sebesarI 76,86%I seangkanI siswaI sebesarI 75,31%.I HalI iniI menunjukkanI bahwaI prosesI pembelajaranI dikatakanI berhasilI danI berjalanI denganI baik.I PerolehanI nilaiI rata-rataI posttestI I kelasI eksperimenI 88,3I danI kelasI kontrolI 76,67.I AnalisisI dataI dariI keduaI kelasI baikI kelasI eksperimenI danI kelasI kontrolI menggunakanI uji-tI diperolehI bahwaI t-hitungI 4,73I danI tI tableI padaI tarafI signifikansiI 5%I sebesarI 2,02I makaI tI hitungI >I tI table.I HasilI penelitianI iniI menunjukkanI bahwaI penggunaanI modelI learningI cycleI 5EI berpengaruh I dalamI meningkatkanI hasilI belajarI siswaI padaI mataI pelajaranI matematikaI materiI psiswaI kelasI IVI SDNI KarangtengahI 4I Ngawi.I

Keywords


Model learning cycle 5E, Media Mathquest, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Rahmah,I N.I (2018).I HakikatI PendidikanI Matematika.I Al-Khwarizmi:I JurnalI

PendidikanI MatematikaI DanI IlmuI PengetahuanI Alam,I 1(2),I 1–10.I

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eva Rama Ayunda Putri Prima Dini, Elly’s Mersina Mursidik, Rissa Prima Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.