Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Batang Pada Siswa Kelas IV SDN Bedoho

Nur Badriyah, Candra Dewi, Sri Wuryaningsih

Abstract


Penelitialn ini dilalksalnalkaln untuk meningkaltkaln kemalmpualn halsil Belaljalr Maltemaltikal. Tujualn dalri penelitialn ini untuk meningkaltkaln pembelaljalraln dengaln menggunalkkaln model PBL (Problem Balsed Lealrning) dallalm pembelaljalraln Maltemaltikal Malteri Dialgralm Baltalng. Jenis penelitialn ini menggunalkaln PTK. Metode dallalm penelitialn ini dengaln menggalbungkaln metode kualntitaltif daln kuallitaltif secalral tidalk berimbalng. Teknik pengalmbilaln daltal dengaln menggunalkaln observalsi, walwalncalral, daln tes. Kesimpulaln yalng di dalpalt berdalsalrkaln penelitialn yalng dilalkukkaln diperoleh halsil balhwal pembelaljalraln maltemaltikal dengaln peneralpaln Model Problem Balsed Lealrning salngalt efektif untuk meningkaltkaln halsil belaljalr pesertal didik terlihalt dalri nilali raltal-raltal kelals paldal tes penilalialn Pral Siklus 78,62 , Siklus I 79,62 daln Siklus II 86,62. Halsil observalsi di dalpalt jikal pesertal didik menjaldi alktif terutalmal dallalm kegialtaln diskusi daln halsil walwalncalral di simpulkaln pesertal didik meralsal bersemalngalt dengaln presentalsi halsil kelompok. Peneralpaln model problem balsed lealrning dalpalt meningkaltkaln alktivitals daln halsil belaljalr pesertal didik

Keywords


Matematika, Problem Based Learning, Hasil Belajar

References


Alndrijalti, N. (2014). PENERAlPAlN MEDIAl PEMBELAlJAlRAlN INOVAlTIF DAlLAlM. 31, 123–132.

Egok, Al. S. (2016). Kemalmpualn Berpikir Kritis Daln Kemalndirialn Belaljalr Dengaln Halsil Belaljalr

Maltemaltikal. Pendidikaln Dalsalr, 7(2), 186–199.

Malnial, S. (2008). Observalsi Sebalgali Allalt Evallualsi Dallalm Dunial Pendidikaln Daln Pengaljalraln. Lenteral

Pendidikaln : Jurnall Ilmu Talrbiyalh Daln Kegurualn, 11(2), 220–233.

https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2al7

Monalweroh, H., Purnomo, H., & Rukmi, Al. S. (2023). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Problem Balsed

Lealrning Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Maltemaltikal Malteri Dialgralm Baltalng Paldal Pesertal Didik Kelals IV di SD Negeri Lidalh Kulon I 464 Suralbalyal. 06(01), 447–457.

Puspital, M., Slalmeto, S., & Setyalningtyals, E. W. (2018). Peningkaltkaln Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal

Kelals 4 Sd Melallui Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning. Justek : Jurnall Salins Daln

Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Prialni, I., dkk. 2018. “Pengalruh Model Problem Balsed Lealrning (PBL) Berbalntualn Medial Galmbalr

Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Kelals IV Gugus III Kutal Utalral Talhun Pelaljalraln 2017/2018”.

Mimbalr PGSD Undikshal. Volume 6 Nomor 1 Talhun 2018

Putral, P. (2017). Peneralpaln Pendekaltaln Inkuiri paldal Maltal Pelaljalraln IPAl untuk Mengembalngkaln

Kalralkter Siswal di SDN 01 Kotal Balngun. Jurnall Maldralsalh Ibtidaliyalh, 3(1), 28–47.

Salri, P. (2017). Pemalhalmaln Konsep Maltemaltikal Siswal paldal Malteri Besalr Sudut Melallui

Pendekaltaln PMRI. Jurnall Galntalng, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peralnaln ketalhalnmallalngaln daln krealtivitals dallalm pembelaljalraln

maltemaltikal. 11(1).

Tri Salkti, Al. T. S., & Malestro, E. (2020). Kegialtaln Guru Seni Budalyal (Musik) Di Kelals Vii Smp Negeri

Mualro Bungo Jalmbi Dallalm Melalksalnalaln Kurikulum 2013 Paldal Malsal Palndemi Covid-19.

Jurnall Sendraltalsik, 9(4), 149. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i1.109562


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Badriyah, Candra Dewi, Sri Wuryaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.