PERAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR (PAPERPI) TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN 01 MANISREJO

Tia Tri Kuswanti, Fauzatul Ma’rufah, Dian Marlina

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model the nonequivalent pretest-posttest control. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa kelas 2 merasa kesulitan dan belum memahami materi perkalian, selain itu guru tidak kreatif dalam penggunaan media dan kemampuandalam penyusunan media belajar belum memadai. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika antara siswa kelas 2 SDN 01 Manisrejo yang belajar menggunakan media papan perkalian pintar terhadap siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode eksperimen semu. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes serta dokumentasi, sedangkan teknik untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif dan uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa posttest siswa kelas eksperimen dan kelas control adalah (3,10 ≥ 2,01), yang berarti (H2) diterima sedangkan (H0) ditolak. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan cerdas perkalian untuk hasil belajar matematika siswa kelas 2 di SDN 01 MANISREJO.

Keywords


Hasil belajar, Papan Perkalian Pintar (PAPERPI),

Full Text:

PDF

References


Heiruiman. (2014). Modeil peimbeilajaranMateimatika di Seikolahl Dasar. Banduing: PT. Reimaja Rosdakarya

Juimri, R., & Muirdiana, M. (2022). Keimampuian Reipreiseintasi Mateimatis Siswa Deingan Reisouircei Baseid

Leiarning. Aksioma, 11(1), 1–7.

https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1901

Leisari, Ei.K., & Tuidhaneigara, M.R. (2017). Peineilitian Peindidikan Mateimatika. Banduig: PT.Reifikal

Aditama

Muihlisrarini, & Ali, H. (2012). Peireincanaan dan strateigi peimbeilajaran mateimatika. Jakarta: Raja

Grafindo Peirsada.

Muirdiana, M., Juimri, R., & Damara, B. Ei. P.(2020). Peingeimbangan Kreiativitas Guirui dalam Peimbeilajaran

Mateimatika. Juirnal Peindidikan Mateimatika Rafleisia, 5(2), 152–160.

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Nuinuik, S., & Leio, A. (2014) .Strateigi Beilajar Meingajar. Yogyakarta: Peineirbit Ombak.

Riyanto,Y. (1996).Meitodologi Peineilitian Peindidikan. Suirabaya: SIC.

Ronald, A. (1987). Peimilihan dan peingeimbangan meidia uintuikpeimbeilajaran. Jakarta: Rajawali

Rostina, S. (2018). Meidia dan Alat PeiragaPeimbeilajaran Mateimatika. Banduing: Alfabeita.

Suigiyono. (2021). Meitodei PeineilitianKuiantitatif Kuialitatif, R & D. Banduing: Alfabeita.

Uindang-Uindang No.20 Tahuin 2003 teintang Sisteim Peindidikan Nasional. (2003). Jakarta: Deipdikbuid

Uitami, Ui.B., Puirnamasari, V.,& Suipandi, S. (2017). Keieifeiktifan Meidia Papan CeirdasPeirkalian Teirhadap

Hasil Beilajar Mateimatika Mateiri Peirkalian SiswaKeilas II di SD Neigeiri 4 Sidodadi. Malih

Peiddas (Majalah Ilmiah Peindidikan Dasar),7(1)

Adiningtyas, S. W., (2016) Meiningkatkan Keiteirampilan Beilajar Siswa Meilaluii Layanan Peinguiasaan

Kontein.

Afifah H. N. & Fitrianawati, M. (2021) Peingeimbangan Meidia Panlintarmatika (Papan Peirkalian Pntar

Mateimatika) Mateiri Peirkalian Uintuil Siswa Seikolah dasar. WASIS: Juirnal Ilmiah Peindidikan.

Voluimei 2 Nomor 1, Meii 2021, hlm. 41-47

Arsyad, Azhar (2013) Meidia Peimbeilajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Peirsada.

Astari, A. R. (2023) Meiningkatkan Peimahaman Siswa Pada Peimbeilajaran Mateimatika Kompeiteinsi

Dasar Peirkalian Deingan Meidia Papan Peirkalian Pintar Di Seikolah Dasar. Skripsi. Fakuiltas

Keiguiruian Dan Ilmui Peindidikan. Uiniveirsitas Jambi

Fahri, Iqbal. (2010). Meimahami Uirgeinsi Keiteirampilan Beilajar dalam peindidikan [onlinei] Vol 4 (12),

Hal. 110.

Faiz, M., Listyarini, I. & Tsalasa, A. (2019) Peingeimbangan Meidia Papin dan Koja (Papan Pintar dan

Kotak Ajaib) Seibagai Meidia Peimbeilajaran Mateimatika. Juirnal Peineilitian dan Peingeimbangan

Peindidikan. Vol. 3 (1) pp. 26-30

Heirmawan, D., Patimah & Andini, W. (2022) Impleimeintasi Meidia PAPILIAN (Papan Pintar Peirkalian)

Teirhadap Keimampuian Beirhituing Peirkalian Siswa Keilas II MI Madinatuinnajah Kota Cireibon.

Leistari, S. D. (2022) Peingaruih Peingguinaan Alat Peiraga Papan Peirkalian Beirbasis Meitodei Monteissori

Teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika Siswa Keilas III DI SDN 72 Kota Beingkuilui. Skripsi.

Fakuiltas Tarbiyah Dan Tadris. Uiniveirsitas Islam Neigeiri Fatmawati Soeikarno Beingkuilui Sari, J., Rosra, M. & Latif, S. ( 2015) Peiningkatan Keiteirampilan Beilajar Meingguinakan Layanan

Bimbingan Keilompok Pada Siswa Keilas VII SMP

Suilistyowati, Eindang (2019) Meiningkatkan Keiteirampilan dan Hasil Beilajar Bahasa Indoneisia Teintang

Meinuilis Suirat Reismi Meilaluii Conteixtuial Teiaching And Leiarning (CTL) Pada Siswa Keilas VI

SD 6 Geitassrabi. Inopeindas Juirnal Ilmiah Keipeindidikan. Vol. 2 No. 1, Feibruiari 2019 Hal. 1-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tia Tri Kuswanti, Fauzatul Ma’rufah, Dian Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.