Implementasi Literasi Visual Pada Gerakan Literasi Sekolah Serta Dampaknya Pada Kemampuan Kognitif Siswa

Evita Dwi Agustina, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Hasil survei yang dilakukan oleh UNESCO 2012 memaparkan bahwa indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001 yang artinya hanya satu disbanding seribu yang mempunyai minat baca. GLS diterapkan di sekolah-sekolah yang bertujuan untuk siswa dapat menumbuhkan minat baca. Visual menjadi salah satu dari sekian banyak media yang menjadikan proses pembelajaran itu lebih mudah. Kegiatan belajar mengajar pada sekolah dasar lebih banyak diwarnai dengan membaca, menghitung, dan memahami apa yang diterangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui implementasi literasi visual pada GLS serta dampaknya pada kemampuan kognitif siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yang dilakukan di SDN 02 Klegen Kota Madiun. Penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang berwujud data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Pada penelitian ini angka hanya sebagai penunjang. Hasil dari yang telah peneliti lakukan dengan menggunakan tiga metode pengambilan data, secara akurat dapat dikatakan bahwa literasi visual menumbuhkan minat baca siswa dalam GLS, mempermudah siswa dalam memaknai literasi dan berdampak pesat pada peningkatan kemampuan kognitifnya.

Keywords


Literasi Visual; Gerakan Literasi Sekolah; Kemampuan Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2019). Bernalar Kritis dalam Bersastra: Literasi Visual. Bahasa Sastra Dan Pembelajaran Di Era Digital, 67–76. http://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/14

Avgerinou, M. D., & Pettersson, R. (2011). Toward a Cohesive Theory of Visual Literacy. Journal of Visual Literacy, 30(2), 1–19. https://doi.org/10.1080/23796529.2011.11674687

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan (Muchlis (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

Ferguson, B. (2005). Information literacy: A primer for teachers, librarians, and other informed people. Information Literacy, 1–14. https://bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Lopatovska, I., Hatoum, S., Waterstraut, S., Novak, L., & Sheer, S. (2016). Not just a pretty picture: visual literacy education through art for young children. Journal of Documentation, 72(6), 1197–1227. https://doi.org/10.1108/JD-02-2016-0017

Nurannisaa, S. (2017). Creating graphics for learning and performance : lessons in visual literacy. 1, 48–59.

Sidhartani, S. (2016). Literasi Visual sebagai Dasar Pemaknaan dalam Apresiasi dan Proses Kreasi Visual. Jurnal Desain, 3(3), 155–163.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); Edisi Ke-1). CV Alfabeta.

Thamimi, M., & Hariyadi. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Literasi Visual terhadap Keterampilan Siswa dalam Menulis Puisi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 55–59. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/1969

Widiatmojo, R. (2020). Literasi Visual Sebagai Penangkal Foto Hoax Covid-19. Jurnal Sosial Politik, 6(1), 114. https://doi.org/10.22219/sospol.v6i1.11221

Widyana, R. (2009). Hubungan Antara Persepsi Visual dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1-2 Sekolah Dasar. 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Evita Dwi Agustina, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.