Peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo

Eka Setyaningsih, Hartini Hartini, Rinanto Rinanto

Abstract


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di sebabkan oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo. Tujuaan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA mel;alui model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan langkah-langkah berupa perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada peneelitian ini di laksanakan selama dua siklus. Siklus yang pertama di laksanakan pada tanggal 22 Mei 2023 dan siklus kedua di laksanakan pada tanggal 29 Mei 2023. Penelitian ini di laksanakan di .kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo dengan jumlah siswa sebanyak 28. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 siswa dan siswa perempuan sebanyak 16 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan modeel Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngadirojo. Rata-rata nilai siswa materi gaya pada kondisi di tahap awal (pra siklus) 69% dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% (8 siswa) dari 28 siswa yang mencapai nilailebih dari 75(nilai KKM). Siklus pertama sebesar 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60% (12 siswa) yang mencaapai nilai lebih dari 75(nilai KKM). Siklus kedua sebesar 81 % dengan seketuntasan klasikal sebanyak 80 % (16 siswwa) yang mencapai nilai lebih dari 60 (nilai KKM).

Keywords


Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyanto. 2011. Pembelajaran Aritmatika Sekolah Dasar. Surakarta: Penerbit Qinant.

Atmojo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan 43(2), 134-143.

Baharuddin. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Baharudin & Nur Wahyuni, Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah: Beserta Contoh-co ntohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media. Herawati. 2018. Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Volume IV. Nomor 1. Januari – Juni, Dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Najma. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PB) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MAN 3 Banda Aceh”. Jurnal Volume IV. Nomor 1. Januari – Juni, Dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Nurdin, Mohamad. 2013. Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, Rina. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Di SMP. Jurnal Kependidikan. Vol 45, No.1. Yogyakarta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sani, Ridwan Abdulah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Inflementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulistryarini & Santoso. 2015. Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Problem Based Learning Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), I(1). 56-72.

Susanto & Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta Prenamedia Group Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berfikir dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada pembelajaran Kewirausahawan Prosiding Seminar Nasional. UNNES: Surabaya.

Wisudawati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Setyaningsih, Hartini Hartini, Rinanto Rinanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.