Memahami Anak yang Kesulitan dalam Belajar serta Penerapan Metode Pembelajarannya

Destyra Niaga Maha Ayu, Heni Kusuma Widyaningrum, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hakekat anak sulit belajar; (2) cara mengajar anak yang kesulitan dalam belajar; dan (3) peran orang tua yang memiliki anak yang kesulitan dalam belajar. Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN Temenggungan 1. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang kesulitan dalam belajar disebabkan oleh tidakadanya peran orang tua dalam membantu anak dalam belajar di rumah. Metode pembelajaran dilakukan berupa metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa mampu menangkap materi dengan mudah. Orang tua sangat berperan dalam peningkatan prestasi anak yang kesulitan dalam belajar ini.


Keywords


anak yang kesulitan dalam belajar; metode pembelajaran; peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 73, 33–47.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Zakiah Darajat, Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2012), 87

Bandi Delphi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: Refina Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Destyra Niaga Maha Ayu, Heni Kusuma Widyaningrum, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.