Strategi Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Ilham Bayu Ludiansyah, Nurhadji Nugraha, Yuni Harmawati

Abstract


Pelajar Pancasila adalah cerminan dari pelajar Indonesia sebagai peserta didik sepanjang hayat yang mempunyai kemampuan global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila, dengan enam ciri utama yaitu : berikan dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri , bernalar kritis dan kreatif. Maka untuk mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila dapat melalui pembinaan karakter yang terencana. Oleh karena itu sekolah dapat melakukan strategi-strategi yang tepat dalam mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi sekolah dalam pembinaan karakter peserta didik sebagai upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil penelitian bahwa strategi yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam pembinaan karakter peserta didik sebagai upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah dengan cara kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram dan kegiatan teladan. Adapun strategi dan pendekatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, yaitu: 1) mengintegrasikan nilai-nilai dan moral ke dalam mata pelajaran, 2) mengasimilasi sifat-sifat positif yang ditanamkan pada semua individu sekolah (kepala, pendidik dan wali), 3) presentasi dan persiapan, 4) pemberian teladan dan contoh yang baik, 5) membuat iklim karakter di sekolah dan 6) membudayakan.

Keywords


Strategi Pembinaan Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


A’yun, Q., Indriani, S. M., Anugrah, V., Amelia, V., & Khoiri, M. M. (2022). Penanaman Nilai Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa di MTs Al-Ma’arif 03 Singosari. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 59-69.

Badan Standar Kurikulum & Asesmen Pendidikan. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Choirunissa, R., & Ediati, A. (2020). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja-orangtua dengan regulasi emosi pada siswa smk. Jurnal Empati, 7(3), 1068-1075.

Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).

Fitri, A. D. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SDIT Global Insan Madani.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.

Kemendikbud Dikdasmen. 2017. Pedoman Umum Penggalian Dan Perwujudan Nilai Akhlak Mulia Bagian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta

Kpalet, P., & Riniyanti, F. (2019). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH WAIPARE KECAMATAN KANGAE KABUPATEN SIKKA. JUPEKN, 4(1), 37-41.

Kurniastuti, R., Nuswantari, N., & Feriandi, Y. A. (2022, August). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 445-451).

Munir, A., Elpisah, E., Husain, A. S., & Rakib, M. (2018). Implementasi program pendidikan karakter Di SMPN 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 77-88.

Ramadhani, S. A., & Sari, F. (2022). Metode dan Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 154-164.

Samsul, A.(2021).Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era MIlenial.Tesis tidak

diterbitkan.Purwokerto.Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwekerto

Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Suwardani. 2020. “Quo Vadis’ Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar : UNHI Press

Sofyan Tsauri. 2015. Pendidikan Karakter : Peluang Dalam Mebangun Karakter Bangsa. Jember : IAIN Jember Press

Wahyuni. 2021. Pendidikan Karakter Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo : UMSIDA Press

Wathani, N. (2021). Internalisasi Nilai–Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 47-77.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana Media Grup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ilham Bayu Ludiansyah, Nurhadji Nugraha, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.