Peningkatan Hasil Belajar Matematika materi Konversi Satuan Waktu Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Siswa Kelas II SDN Purworejo 01

Chayatul Firdaningsih, Candra Dewi, Anis Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi konversi satuan waktu pada siswa kelas II. Penelitian dilakukan di SDN Purworejo 01. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas II SDN Purworejo 01 yang terdiri dari 24 siswa dengan 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Purworejo 01 khususnya dalam materi konversi satuan waktu. Peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Purworejo 01 dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran Matematika materi konversi satuan waktu yakni sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata siswa adalah 53,75 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 16.6%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 73,3% dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 77.5%.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran kooperartif Team Game Tournament

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Juliani, N. W., Murda, I. N., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD V, 4(1), 1–12.

Kusumawati., K., Endah H, D., & Adhi P, S. (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 03 Cibelok Pemalang. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 186–187. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12192

Oramas, C. V. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa Fmipa Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. 23(1), 2016.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Konversi satuan waktu Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.

Riyatuljannah, T. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3524


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Chayatul Firdaningsih, Candra Dewi, Anis Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.