ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN

Henny Rizka Maharani, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tiga hal: (1) tantangan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V tema 5 Subtema 1; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi tantangan tersebut; dan (3) upaya yang dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut dalam penerapan pembelajaran tematik kelas V tema 5 subtema 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berbasis SDN 01 Taman.. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dievaluasi menggunakan metode studi kasus sebagai bagian dari pendekatan kualitatif. Sebagian besar siswa kelas V SDN 01 Taman yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran tidak memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru, dan banyak dari mereka juga tidak menyelesaikan latihan atau tugas yang diberikan guru karena terbentur masalah. atau menjadi bingung saat menyelesaikannya atau saat belajar. Tidak sedikit siswa yang mendapat nilai 0 pada lembar tugas, dan kecenderungan ini terus berlanjut hingga ditunjukkan oleh nilai siswa pada pembelajaran tematik kelas V mata pelajaran 5 atau dengan perolehan nilai.


Full Text:

PDF

References


Akuntansi, K., & Xi, K. (2021). 1 , 2 , 3 . 7(1), 115–127.

Angranti, W. (2016). Problematika kesulitan belajar siswa. Gerbang Etam, 10(1), 31.

Antika, N., & Marmoah, S. (n.d.). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. 449.

Bachri, B. S., Pendidikan, T., & Pendidikan, F. I. (1986). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.

Faktor, A., Dan, I., Belajar, K., Di, M., & Dasar, S. (2020). Jurnal Pendidikan. 01(01).

Fuentes, M. M. M. (2017). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1–14.

Hidayat, Y. (2022). Faktor Kesulitan Siswa Kelas IV Tematik. 6, 186–196.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2017). 2.1.2. Aspek-aspek Kesulitan Belajar. 2015, 16–38.

Judul, P., Masalah, M., Masalah, L. B., Penelitian, P., Hipotesis, M., Pengukuran, S., Penelitian, V., Penelitian, R., Penelitian, V., & Penelitian, J. (2022). Dinamika Psikologis ( Pengertian ,.

Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.

Nation. (2001). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4. Pautas-para-evaluar-Estilos-de-Aprendizajes.pdf

No Title. (n.d.-a). 16(April 2011), 113–128.

No Title. (n.d.-b). 1–20.

No Title. (2020).

No, V. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas. 8(3), 851–859.

Pgsd, P., Slamet, U., Ulfah, S. M., Trisiana, A., & Widyaningrum, R. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 SURUH TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019 seseorang dasar prinsip akumulatif yaitu saling untuk mempersiapkan generasi muda sebagai pendidikan Indonesia saat ini adalah Kurikulum. 1, 37–47.

Riau, U. I. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Iv

Sekolah Dasar Negeri. 13(2), 429–442.

Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, G. de N. J., Palmeira, G., Riet-Correa, F., Moojen, V., Roehe, P. M., Weiblen, R., Batista, J. S., Bezerra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Neto, A. M. R., Petri, A. A., Teixeira, M. M. G., Molossi, F. A., de Cecco, B. S., Henker, L. C., Vargas, T. P., Lorenzett, M. P., Bianchi, M. V., … Alfieri, A. A. (2021). No 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro,1(1),156–158.

Sirajuddin, Saleh, S. Pd., M. P. (2016). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Siti Ma’rifah Setiawati, S.P, S. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 73, 33–47.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., & Makassar, U. I. N. A. (2016). Bantuan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar.

Volkers, M. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799

Wandini, R. R. (2017). Issn 2086-4205. VII(2), 96–111.

Zerizghy, M. G., Vieux, B. B. E., Tilahun, A., Taye, M., Zewdu, F., Ayalew, D., Stanton, G. P., Sime, C. H., Demissie, T. A., Tufa, F. G., Plug-ins, A. D., Parmenter, B., Melcher, J., Kidane, D., Alemu, B., Gisladottir, G., Stocking, M., Bazie Fentie, M., Frankenberger, J. R., … قلخاني منوچهر, حيراني علي, ت. و. (2009).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Henny Rizka Maharani, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.