Penerapan Media Pembelajaran Amplop Berjendela dan Description Paper pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Deskripsi Objek Siswa Kelas VII SMPN 2 Barat

Nabila Zahra Zhafira, Alvina Dwi Rahmawati, Kiranda Sukma Ardani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif  kualitatif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran amplop berjendela dan Description Paper pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi deskripsi objek siswa kelas VII SMPN 2 Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran amplop berjendela dan Description Paper dapat memunculkan antusias dan memusatkan perhatian siswa kelas VII SMPN 2 Barat serta membuat siswa saling kerjasama dalam kelompok. Media pembelajaran amplop berjendela dan Description Paper bisa digunakan secara berulang-ulang dan dapat diterapkan pada materi yang lain. Namun, dalam penerapan media ini terdapat beberapa kekurangan diantaranya lembar kerja kelompok yang terlalu kecil untuk siswa mengerjakan soal yang telah disediakan dan tidak tersedianya tempat untuk menggantungkan media amplop berjendela di dinding. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran amplop berjendela dan Description Paper dapat membantu dan menunjang keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran pada materi deskripsi objek serta dapat meningkatkan antusias, kerjasama, dan  memusatkan perhatian siswa.


Keywords


Media Pembelajaran; Media Amplop Berjendela dan Description Paper; Materi Deskripsi Objek

Full Text:

PDF

References


Mustika, R. A. H. A. J. E. N. G., & Hariani, S. Efektifitas Penggunaan Media Amplop Misteri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sdn Cerme Lor Gresik (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Nuriyanti, R., Rochaiti, F., Sari, E. N., & Pangestu, M. B. (2022, July). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Berbantuan Media Gambar Berbentuk Puzzle Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Jenis-Jenis Pekerjaan pada Kelas III Di SDN Wringinanom 1 Probolinggo. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 117-124).

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 19 SAWANGAN. PROSIDING SAMASTA.

Huwaidah, A., Darmiyanti, C. A., & Saprialman, W. D. (2023). Penerapan dan Pengembangan Kode Etik Tenaga Kependidikan di SMP Islam Tarbiyyatul Falah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 117-125.

PRATIWI, D. A. (2015). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERHADAP KINERJA PADA KARYAWAN DI PT. DOK & PERKAPALAN KODJA BAHARI (PERSERO) GALANGAN 1 DI JAKARTA UTARA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Taka, B. I., & Widjanarko, D. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memahami dan Memelihara Sistem Starter Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nabila Zahra Zhafira, Alvina Dwi Rahmawati, Kiranda Sukma Ardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.