Written exspression sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis ungkapan dalam cerita rakyat siswa kelas III sekolah dasar

Katrin Mutia Rachmawati, Octarina Hidayatus Sholikhah, Supadmiati Supadmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui metode Written Exspression kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III  dengan hubungannya melalui pembelajaran tematik tema 2 materi dongeng cerita rakyat (legenda) dengan indikator memperagakan pesan dalam dongeng sebagai ungkapan diri sebanyak 7 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti  adalah observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan, kegiatan menulis ungkapan pada cerita rakyat  dapat meningkatkan sikap cinta budaya bangsa melalui cerita daerah-daerah yang beragam. Pada siklus satu hanya ada 2 siswa atau 79,2% yang dapat mencapai indikator memperagakan pesan dalam dongeng sebagai ungkapan diri. Sedangkan pada siklus dua diperoleh peningkatan yaitu siswa yang dapat mencapai indikator memperagakan pesan dalam dongeng sebagai ungkapan diri sebanyak 5 siswa atau 100%. Selain itu, keaktifan dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, 75% dari jumlah siswa sudah mulai aktif dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% dari jumlah siswa sudah aktif saat proses pembelajaran. Sedangkan untuk presentase hasil belajar pada siklus I sudah ada 75% dari jumlah siswa yang telah mencapai indikator dan pada siklus II sudah 91,7% dari jumlah siswa telah mencapai indikator hasil belajar yang diharapkan.


Keywords


Keterampilan Menulis; Cerita Rakyat; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dita, A., Doyin, M, dan Sumartini. 2018. Sikap Masyarakat Dusun Blorong Terhadap Mitos Cerita Rakyat Asal Mula Dusun Blorong Desa Kaligading Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Sastra Indonesia 7(1) : 55-61.

Muhammad S, (2016). Dasar-dasar Menulis dan Penerapannya. Malang. Tunggal Mandiri Publishing.

Muhanif., Suhartono, dan Juhana. 2021. Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021 Halm 1962 – 1973.

Geboers, B., Reijneveld, S. A., Koot, J. A. R., & de Winter, A. F. (2018). Moving towards a comprehensive approach for health literacy interventions: The development of a health literacy intervention model. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(6).

Gillespie, Graham, (2014). Effective Practices for Written Expression .TeachingLD,org . HotSheet 5. Page 2-7.

Husna, L. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Mind Map. Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 22 Tahun ke-8 2019.

Hengki, K. 2020. Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah dasar. Jurnal Elementary School 7 (2020) 303-311.

Heny, K. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 5 No. 2 Juli 2018.

Irma, S, Julisah, I, dan Warni. 2020. Alih Wahan Cerita rakyat Daerah Jambi ke Naskah Drama Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sastra di SDN 217 Kota Jambi. Jurnal PKM Linggau Vol. 2 No. 3, Desember 2022.

Khotimah, H. 2016. Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa kelas IV SDN 2 Panjer. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. 492-499.

Nurmiwati & Fahidah. 2018. Makna Ungkapan Tradisional Dalam Masyarakat Bima. Jurnal Ilmiah Telaah vol.3 (02) :123-135.

Neneng, W. 2020. Ketrampilan Menulis Dongeng Menggunakan Metode Drill. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran Volume 1, Nomor 1.

Rahmi, A, Syahrul dan Ramalis, H. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 930 – 942.

Ria, H & Herman. 2021. Desain Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat Dan Konsep Maja Labo Dahu) Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 5. No. 2 Maret.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Yunita, S, Ratry, D, dan Andarini. 2020 . Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halaman 1124 – 1133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Katrin Mutia Rachmawati, Octarina Hidayatus Sholikhah, Supadmiati Supadmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.