Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Mind Mapping untuk Mengeksplorasi Bakat dan Kemampuan Siswa Kelas XI Kimia Analisa 3 di SMK Negeri 3 Madiun

Faravika Helmastuti, Dahlia Novarianing Asri, Qonik Kus Armanda Sari

Abstract


Kemampuan eksplorasi bakat peserta didik merupakan faktor kunci dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi individu, sehingga penting untuk memberikan layanan bimbingan yang efektif guna membantu mereka mengeksplorasi dan mengoptimalkan bakat yang dimiliki. Kemampuan eksplorasi bakat peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik mind mapping yang memberikan alat visual dan konseptual untuk menggali potensi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan klasikal yang menggunakan Teknik Mind Mapping dalam mengeksplorasi bakat dan kemampuan siswa kelas XI Kimia Analisis 3 di SMK Negeri 3 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan dan kuesioner kepuasan siswa terhdap layanan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menerima layanan bimbingan klasikal menggunakan Teknik Mind Mapping mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan dan pemahaman mengenai bakat dan kemampuan dirinya. Selain itu, siswa juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap layanan bimbingan klasikal yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal menggunakan Teknik Mind Mapping efektif dalam mengeksplorasi bakat dan kemampuan siswa kelas XI Kimia Analisis 3 di SMK Negeri 3 Madiun. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan Teknik Mind Mapping dalam proses bimbingan klasikal untuk meningkatkan pembelajaran dan pengembangan bakat siswa.


Keywords


Layanan Bimbingan Klasikal; Eksplorasi Bakat; Teknik Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Asrori, M. (2009). Psikologi remaja, perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian:Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Imam Tadjri. (2014). Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: CV Swadaya Manunggal

Puspita, A., & MUIS, T. (2018). Penerapan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemandirian Pemilihan Karier Siswa Dalam Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Kota Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 8(3).

Rosidah, Ainur. (2017). Layanan bimbingan klasikal untuk Meningkatkan konsep diri siswa underachiever. Jurnal Fokus Konseling STKIP MPL, Vol.03/No.2.

Sugiarto, Iwan. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syahidah, N. (2015). Metode pembelajaran mind mapping sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran ekonomi. In Prosiding seminar nasional (Vol. 9).

Thantawi. (2005). Diagnostik kemandirian Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, Samsyu dan Nurihsan, Juntika. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faravika Helmastuti, Dahlia Novarianing Asri, Qonik Kus Armanda Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.