Faktor Kemampuan Bantu Diri Anak Usia Dini yang Beraktivitas Bersama Orang Tua di Pasar Besar Madiun

Dwinda Damayanti, Dian Ratnaningtyas Afifah, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Kemampuan bantu diri (self-help) merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dimiliki individu untuk menjalani hidup secara mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. Manfaat memiliki kemampuan bantu diri antara lain membentuk anak memiliki kepribadian yang baik seperti rasa peduli dan menerima tanggung jawab yang dimilikinya, mampu bersosisalisai dengan kelompok, dan mampu menyelesaikan masalah serta membuat keputusan secara mandiri. Kemampuan yang dimiliki anak tentunya tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa faktor yang mempengaruhi kemampuan bantu diri anak usia 2-4 tahun yang beraktivitas bersama orang tua. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian pada pasar besar di Kota Madiun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Milies dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dominan mempengaruhi kemampuan bantu diri anak adalah faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar diri anak. Faktor yang mempengaruhi adalah lingkungan orang-orang di sekitar yang berinteraksi dengan anak dan stimulasi yang diberikan orang tua.


Keywords


Kemampuan Bantu Diri; Anak Usia Dini; Pasar

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. R., & Rohmadheny, P. S. (2014). Kematangan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus pada Anak Tunadaksa). JURNAL LPPM, 2(1), 1-6.

Antini, N. K. A., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 140-149.

Anwar, R. N., Priyanti, I., Sukowati, U., Mubarokah, L., & Yuniya, V. (2020). Penguatan Orang Tua di Tengah Pandemi Guna Menjaga Fitrah Anak. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS 2), 1(1), 386-392. Malang: Universitas Negeri Malang.

Candra, S. (2017). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA, 5(2), 267-287.

Doll, E. A. (1965). Measurement of Social Competence: A Manual for The Vineland Social Manturity Scale. Educational Publisher, Inc.

Melinda, A. E. & Izzati. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia DIni Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 127-131.

Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi Orangtua Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Seminar NAsional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA). 787-790. Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368-7376.

Rahma, S., Utami, A. D., & Hapidin. (2016). Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Komunitas Lingkungan Pemulung. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 13-21.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 100.

Rolas. (2010). Pola Pengasuhan Anak di Kalangan Perempuan Pedagang Pakaian Bekas Sambu Kota Medan (Studi di Kalangan Perempuan yang Berjualan Sambil Menjaga Anak). Skripsi. Medan: Departemen Sosiologi.

Susilowati, D. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Kemampuan Bantu Diri Anak Tunagrahita. Skripsi. Semarang: Psikologi.

Utami, D. A., & Yunitami, R. (2014). Pengembangan Keterampilan Membantu Diri Sendiri Pada Anak Panti Asuhan Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, (9)2, 118-124.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 3(1), 232-245.

Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuliana, Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. A. (2021). Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Paedagoria. 1, 10-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwinda Damayanti, Dian Ratnaningtyas Afifah, Rosyida Nurul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.