Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus Siswa Kelas X MIPA 6 SMAN 1 Magetan

Afin Nur Latifa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X.MIPA.6 SMAN 1 Magetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi : 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi, 2) hasil kuis, 3) hasil tes akhir siklus, dan 4) hasil wawancara. Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan pada materi aturan sinus dan cosinus. Hal ini dapat dilihat pada hasil siklus II dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa secara klasikal mencapai 71,6% dengan kategori “baik”.


Keywords


Problem Based Learning, Aturan Sinus Cosinus, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Abu, A. (2008). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT Rineka Cipta.

Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.

Ferawati, S. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). ISSN 2477-2682, 6(1), 111–119.

Kemendikbud. (2020). Merdeka Belajar Jadi Lahan Tumbuhkan Kreativitas di Satuan Pendidikan. Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/merdeka-belajar-jadi-lahan-tumbuhkan-kreativitas-di-satuan-pendidikan

Mualifah, Basuki, & Lestari. (2020). Pengaruh Berpikir Kreatif dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)Kajian Pendidikan Matematika). ISSN 2477-2682, 5(2), 213–222.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Rineka Cipta.

Mursidik, Samsiyah, & Rusyanto. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia,. ISSN 2089 -3833, 4(1), 23–33.

Sarijani, E. (2021). Penerapan Problem Based Learning Bermedia Gambar untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Ekonomi Materi Masalah Ekonomi dan Sistem Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Maospati. Jurnal Inovasi Pendidikan. ISSN: 2031-8321, 10(1), 24–33.

Slavin, R. . (2010). Kooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.

Supardi. (2015). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Jurnal Formatif. ISSN: 2088-351X ,2(3), 248–262.

Vira, M. (2021). Panduan Sukses Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Qodesign.

Yeni, Hartono, & Putri. (2014). Desain Aturan Sinus dan Aturan Cosinus Berbasis PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, ISSN: 2549-1458, 2(2), 97–108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afin Nur Latifa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.