Analisis kemampuan literasi sains mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Septi Aprilia, Siti Shofiyatun

Abstract


Literasi sains merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memahami sains, mengkomunikasikan sains baik lisan maupun tulisan, serta menerapkan pengetahuan sains untuk memecahkan masalah dan menarik kesimpulan berdasarkan data observasi yang di dapat. Kemampuan literasi sains pada mahasiswa keperawatan ini sangat berhubungan dengan kemampuan dalam mengobservasi dan menyimpulkan suatu kasus kesehatan tertentu. Oleh karena itu, kemampuan literasi sains ini sangat penting sekali dikuasai oleh mahasiswa keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains mahasiswa program studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners pada materi enzim. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrument kemampuan literasi sains adalah metode tes dengan subyek penelitian 16 mahasiswa S1 Keperawatan dan Profesi Ners semester ganjil tahun 2019/2020 di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) indikator mengenali pertanyaan ilmiah (46%); (2) indikator mengidentifikasi bukti (43%); (3) indikator menarik kesimpulan (40%) ; (4) indikator mengkomunikasikan kesimpulan (44%); (5) indikator menunjukkan pemahaman konsep ilmiah (42%).


Keywords


Kemampuan Literasi Sains, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta : Depdikbud.

Diane F, and Halpern. 2014. Thought and Knowledge an Introduction to Critical Thinking Fifth Edition. New York and London: Psychology Press.

Xiufeng, and Liu. 2009. “Science and the Public. International Journal of Environmental & Science Education.”

Hamalik, O. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Kusuma Astuti, Y. 2016. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Issn, 7(3B), 1693–7945. Retrieved from.

Miles and Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

OECD. (2013). PISA 2012 Result : What Students Know and can Do-Student Performance in Mathemathics, Reading and Science (Volume I). PISA: OECD Publishing

Oriondo, L. L., dan Antonio, E. M. D. 1998. Evaluating Educational Outcomes (Test, Measurment, and Evaluation). Florentino St: Rex Printing Company.

Pangesti Widarti dkk.2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta: Dirjen.

Toharudin, Uus, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Buah Batu.

Winataputra, U. 1992. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta : Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Septi Aprilia, Siti Shofiyatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.