Meningkatkan kemampuan mengingat kata (Print Knowledge) melalui pembelajaran berbasis multimedia powerpoint di Paud Bahtera Kasih

Debie Shinta Kusumaningrum, Fida Chasanatun, Hermawati Hermawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah multimedia powerpoint dapat meningkatkan kemampuan mengingat kata pada anak di PAUD Bahtera Kasih Kota Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumalah 9 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki, dan 4 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan 2 siklus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu, kemampuan mengingat kata benda yang sudah didengar, menyebutkan gambar mana yang mempunyai suku kata awal sama dan membaca kata sederhana. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I diketahui kemampuan mengingat kata pada anak dikategorikan dengan cukup. Sedangkan pada siklus 2 diketahui adanya peningkatan pada pembelajaran mengingat kata yang dikategorikan dengan baik. Penelitian inid apat disimpulkan bahwa penerapan powerpoint berpengaruh pada pembelajaran mengingat kata di kelompok B PAUD Bahtera Kasih Tahun pelajaran 2021/2022


Keywords


Mengingat kata, Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono., Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Abidin, Mulyati., & Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi, Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press

Christina, SP. 2019. Mengajar Membaca Itu Mudah. Yogjakarta: CV Alaf Media.

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Jalinus, N., Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish

Lestari, N. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha

Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group

Nurfadillah, S. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak

Paizaluddin, & Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Rohita, 2021. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Susanto. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Prenadamedia Group

Syifauzakia, Ariyanto & Aslina. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Batu: Literasi Nusantara

Werdiningsih, D. 2021. Literasi Sains dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi

Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Cerdas Ulet Kreatif


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Debie Shinta Kusumaningrum, Fida Chasanatun, Hermawati Hermawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.