Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Intelegensi, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Magetan

Nada Fadia Hayya, Liana Vivin Wihartanti, Elana Era Yusdita

Abstract


Pengadaan penelitian ini guna mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, tingkat intelegensi, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini populasi meliputi seluruh siswa kelas XI AKL. Sampel sampel terdiri atas kelas XI AKL 3 dan XI AKL 4 yang berjumlah 71 siswa. Penentuan sampel melalui proporsive sampling yaitu mengambil sebagian dari populasi. Penghimpunan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pemanfaatan Teknologi Informasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar; 2) Tingkat Intelegensi berpengaruh terhadap hasil belajar; 3) Motivasi Belajar berpengaruh terhadap hasil belajar.


Keywords


Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Intelegensi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Cahyono, A. E. (2018). Identifikasi Faktor Internal Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP PGRI Jember. 5, 18–25. https://doi.org/10.29407/e.v5i1.11919

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Damayanti, D. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMK Negeri 1 Gending Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(3), 329–336. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1683

Desmaniar, I., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cahaya Pendidikan, 6(2), 79–93.

Hariyadi, A. B., & Hariyati, N. (2020). Pentingnya fasilitas belajar berbasis teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(04), 558–569. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38163

Ihsan, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Asahan. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 1182. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.134

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

Jainuri, M. (2015). PENGARUH SIKAP DAN TINGKAT INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMK TRI BHAKTI BANGKO TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

Maftuh. (2015). INTELEGENSI SEBAGAI FAKTOR BELAJAR. XI(02), 168–179.

Manshur, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARANTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN KEPATIHAN BOJONEGORO. Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 117–127.

Mayasari, F. D., Herkulana, & Purwaningsih, S. (2017). PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 NGABANG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–11.

Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. 2(2), 219–226.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201.

Riwayadi, P. (2013). PEMANFAATAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1, 1. https://www.academia.edu/download/41264823/4_Purwo_Riwayadi.PEMANFAATAN_PERKEMBANGAN_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI.pdf

Rufaidah, A. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 143. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/379

Salamah, I. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DOSEN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Sistem Jurnal Terbuka “Semnasteknomedia Online,” 133–138.

Sari, J. V. P. (2017). Pengaruh Intelegensi, Motivasi Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri Kota Mojokerto. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 121. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p121-135

Saufik, I. (2021). Pengantar Teknologi Informasi Konsep, Teori dan Praktik (B. Hartono (ed.)). Yayasan Prima Agus Teknik.

Simarmata, J., Romindo, Putra, S. H., Prasetio, A., Siregar, M. N. H., Ardiana, D. P. Y., Chamidah, D., Purba, B., & Jamaludin. (2020). Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen (A. Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Sriyono, H. W. (2016). PERAN TINGKAT INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI di SMA NEGERI GUGUS 01 KABUPATEN TANGERANG. Research and Development Journal of Education, 3(1), 52–69. https://doi.org/10.30998/rdje.v3i1.1449

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.

Tayibu, N. Q. (2017). PENGARUH INTELEGENSI , TASK COMMITMENT DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal of Eeducation Science and Technology, 2, 132–143.

Telaumbanua, M. (2020). Pengaruh Intelegensi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kecamatan Telukdalam. Jurnal Education and Developmentnal, 8(4), 609.

Yulika, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Sengkang. Journal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 252–270. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/7838

Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo. ILKOM Jurnal Ilmiah, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nada Fadia Hayya, Liana Vivin Wihartanti, Elana Era Yusdita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.