Integrasi pendekatan Steam-Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN Sukabumi 2 Probolinggo

Ani Anjarwati, Rysca Siti Qomariyah, Mustika Kirana Putri, Adella Pramesti Ekaditya Rohman, Malqa Dewi Royyana

Abstract


Perkembangan era revolusi industri 4.0 menuntut perubahan dan perkembangan teknologi. Era industri 4.0 juga menuntut perkembangan di lingkungan pendidikan. Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kualifikasi yang mumpuni menjadi prasyarat revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan dan keterampilan abad 21. Beberapa keterampilan abad 21 disebut sebagai The4C’s (Critical thinking, Creativity, Collaboration, and Communication). Creativity atau kreatifitas menjadi keterampilan yang dipersyaratkan dalam pembelajaran di abad 21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas integrasi pendekatan STEAM-Project Based Learning (STEAM-PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 2 Sukabumi 2 Probolinggo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan integrasi pendekatan STEAM-Project Based Learning (STEAM-PjBL) yaitu sejumlah 7 siswa (28,16% dari seluruh siswa). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang memiliki kreativitas tinggi meningkat menjadi 10 siswa (48,43 % dari seluruh siswa). Pada siklus II jumlah siswa yang memiliki kreativitas tinggi meningkat menjadi 19 siswa (81,05% dari seluruh siswa).

Keywords


Integrasi, Pendekatan STEAM, Project Based Learning, Kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Dwi Wiwik Ernawati, M., Damris, M., Asrial, & Muhaimin. (2019). Development of creative thinking skill instruments for chemistry student teachers in Indonesia. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(14), 21–30. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i14.11354

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Lydiati, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4(2), 51–60. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/94

Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(10), 171–184.

Mashitoh, N. L. D., Sukestiyarno, Y., & Wardono, W. (2021). Creative Thinking Ability Based on Self Efficacy on an Independent Learning Through Google Classroom Support. Journal of Primary Education, 10(1), 79–88. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/45248

Mu’minah, Halimatul Lim; Suryaningsih, Y. (2020). implementasi STEAM (Science, Technology, Arts and Matematics) dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Education, 5(1), 65–73.

Nuryati, N., & Yuniawati, N. (2019). Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1959

Tri Agustiana, I. G. A., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25343

Vera, M. (2019). Monika Vera. PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS 5 SDN SIDOREJO LOR 05 SALATIGA, 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Yanti, Y., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Segiempat Melalui Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 145. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i2.2024

Zubaidah, S. (2020). Self Regulated Learning : Pembelajaran dan Tantangan pada Era Revolusi Industri 4 . 0 1. Publikasi Ilmiah, 5(April), 1–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ani Anjarwati, Rysca Siti Qomariyah, Mustika Kirana Putri, Adella Pramesti Ekaditya Rohman, Malqa Dewi Royyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.