Persepsi mahasiswa pendidikan akuntansi terhadap pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19

Aprilia Riswandha Eka Putri, Supri Wahyudi Utomo, Elana Era Yusdita

Abstract


Tujuan dalam kajian ini ialah (1) Menganalisis kendala, kelebihan dan kekurangan dialami oleh mahasiswa dalam peralihan pembelajaran pada saat ini. (2) Menganalisis persepsi mahasiswa dalam menanggapi peralihan pembelajaran dari daring ke luring pada mahasiswa pendidikan akuntansi Semester 4 Universitas PGRI Madiun. Metode penelitia ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Wawancara dilakukan kepada 5 Mahasiswa, dari Semester 4 mata kuliah Multimedia Pembelajaran Akuntansi. Teknik pengumpulan data di kajian ini memanfaatkan teknik wawancara beserta dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan proses pengalihan belajar dari Pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Keterbatasan penelitian ini ialah kurang optimalnya pelaksanaan wawancara yang dilakukan karena keterbatasan akses selama penelitian yang dikarenakan adanya pembatasan akibat Covid 19


Keywords


Pembelajaran Daring, Luring, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.276

Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.

Astuti, R.I., Utomo, S.W. & Yusdita, E.E. (2021). Implementasi Aplikasi Quizizz untuk Keaktifan Peserta Didik Kelas Daring pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK PGRI Wonoasri. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 71-83. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.43613

Cahyono, A., Siregar, E., & Wati, A. (2021). Peran Bank Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Intaj, 7(2), 212–213.

Harahap et all (2021). Penulisan Fitur Media Daring. (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2200

Saifullah, N. (2021). Jimpitan Peneleh: Aksi Sosial Untuk Bangkit Di Musim Pandemi. Harmoni Agama Dan Sains Antologi Esai Spirit Bangkit Pasca Pandemi, 41.

Tullah, H., Kosim, K., Zuhdi, M., & Makhrus, M. (2022). Analisis Pola Belajar Luring dan Daring pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 259–269. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.400

Wahyudi, A., & Yulianti, Y. (2021). Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4292–4298. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1555

Yusdita, E. E., Astutik, D. & Ningrum, S. J. (2021). Pengenalan Pembelajaran Akuntansi yang Menyenangkan dengan Imajinasi dan Quizlet pada SMA KA Basyariyah Kabupaten Madiun. D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8-17. http://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i1.9263

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aprilia Riswandha Eka Putri, Supri Wahyudi Utomo, Elana Era Yusdita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.