Konstruk reflektif-formatif variabel kesuksesan proyek bisnis siswa SMK Bisnis Manajemen

Fakhruddin Mart, Indira Zahra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memvalidasi kembali variabel kesuksesan proyek bisnis bisnis yang terdiri dari 12 item dengan 4 aspek nya (yaitu keuntungan, kreatifitas, kemampuan promosi, dan laporan keuangan) yang telah kami gunakan pada penelitian sebelumnya serta sebagai pengajuan gagasan baru dalam menilai kesuksesan siswa menyelesaikan proyek bisnis berupa variabel dengan konstruk reflektif-formatif. Model yang kami gunakan adalah pendekatan dua tahap menggunakan model PLS-SEM dengan bantuan perangkatlunak SmartPLS seri 3.0 untuk menguji validitas dan reliabilitas nya dengan sampel sebanyak 51 responden. Hasil penelitian menunjukan variabel kesuksesan proyek bisnis valid dan reliabel, namun kami harus menghilangkan 2 item (1 butir pernyataan kreatifitas dan 1 butir pernyataan kemampuan promosi). Kami berkesimpulan bahwa variabel tersebut memiliki ketepatan dan keandalan dalam mengukur psikologis siswa terkait projek bisnis pada mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK).

Keywords


Sukses, Proyek, Bisnis, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Aryawan, I., & Indriani, A. (2020). Working capital management and profitability: Evidence from Indonesian manufacturing companies. Diponegoro International Journal of Business, 3(1), 36-46.

Berglund, H., & Wennberg, K. (2006). Creativity among entrepreneurship students: Comparing engineering and business education. International Journals Continuing Engineering Education and Lifelong Learning, 16(5), 366-379.

Bhaskoro, A. T. (2021, August 27). Retrieved from Dailysocial.id: https://dailysocial.id/post/hybrid-channel-jadi-kunci-umkm-bertahan-sekaligus-bertumbuh-di-tengah-pandemi

Cao, Q., & Hoffman, J. J. (2011). A case study approach for developing a project performance evaluation system. International Journal of Project Management, 29(2), 155-164.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Rotterdam: Sense Publishers.

Davis, K. (2014). Different stakeholder groups and their perceptions of project success. International Journal of Project Management, 32(2), 189-201.

Hughes, S. W., Tippett, D. D., & Thomas, W. K. (2004). Measuring project success in the construction industry. Engineering Management Journal, 16(3), 31-37.

Jindrichovska, I. (2013). Financial Management in SMEs. European Research Studies, 14.

Kraus, S. R., Harms, & Fink, M. (2009). Entrepreneurial marketing: Moving beyond marketing in new ventures. International Journals Entrepreneurship and Innovation Management (Special Issue), 1-20.

Kurgun, H., Bagiran, D., Ozeren, E., & Maral, B. (2011). Entrepreneurial marketing-the interface between marketing and entrepreneurship: A qualitative research on boutique hotels. European Journal of Social Sciences, 26(3), 340-357.

Liapis, K. J. (2010). The Residual value models: A Framework for business administration. European Research Studies, 13(3).

Mart, F., & Zahra, I. (2021). Pengaruh resiliensi dan narsisme terhadap kesuksesan penyelesaian proyek bisnis siswa SMK Jurusan bisnis dan manajemen. Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 46-55.

Matthew, D., & Hamilton. (2007). Small business growth: recent evidence and new directions. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 13(5), 296-322.

Mulyani, E. (2014). Pengembangan model pembelajaran berbasis projek pedidikan kewirausahaan untuk meningkatkan sikap, minat dan perilaku wirausaha, dan prestasi belajar siswa SMK. Cakrawala Pendidikan, 1, 50-61.

Noor, H. F. (2007). Ekonomi manajemerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyanti, B. P. (2003). Kewirausahaan dari sudut pandang psikologi kepribadian . Jakarta: Grasindo.

Samuel, B. S., & Sarprasatha, J. (2015). Social media as a factor for promoting entrepreneurship- The Middle east & oman scenario. International Journal of Economics, Finance and Management Sciences, 3(5), 483-493.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno, S., Murtiono, E. S., & Tamrin, A. G. (2013). Alternatif model penggunaan buku sekolah elektronik (BSE) berbasis project based learning sebagai salah satu sumber belajar di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 4(2), 117-124.

Unterkalmsteiner, M., Gorschek, T., Islam, A. M., Cheng, C. K., Permadi, B. R., & Feldt, R. (2012). Evaluation and measurement of software process improvement-A systematic literature review. IEEE Transactions on Software Engineering, 38(2), 398-424.

van Praag, C. M., & Versloot, P. H. (2007). What is the value of entrepreneurship? A review of recent research. Small Business Economic, 29, 351-382.

Zuhdi, S., Daud, A., Hanif, R., Nguyen, P. T., & Shankar, K. (2019). Role of social media marketing in the successful implementation of business management. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2S11), 2277-3878.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fakhruddin Mart, Indira Zahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.