Peningkatan perkembangan fisik motorik kasar anak usia 3-4 tahun di TPA Insan Madani melalui stimulasi jalan-jalan pagi

Niswah Azizatul mutrofin, Hermawati D. Susari, Alisa Alfina

Abstract


Kemampuan dasar anak yang dirangsang dengan stimulasi terarah adalah kemampuan gerak kasar, kemampuan gerak halus, kemampuan bicara dan bahasa, serta kemampuan sosialisasi dan kemandirian. Gerak kasar atau motorik kasar adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri, berjalan dan sebagainya. Gerak motorik kasar adalah kemampuan mengubah beragam posisi tubuh menggunakan otot besar seperti menggerakkan lengan dan berjalan.Salah satu dari gerakan motorikkasar adalah berjalan. Pengembangan pada motorik kasar berjalan yaitu melalui kegiatan “berjalan jinjit”. Melalui kegiatan berjalan jinjit anak mampu mengembangkan motorik kasarnya sesuai dengan tahapan capaian perkembangannya yaitu,kekuatan,keseimbangan serta koordinasi. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengupayakan adanya peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui pengembangan dengan kegiatan berjalan jinjit lampu hijau-merah pada siswa TPA Insan Madani Geger Madiun. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian tersebut adalah anak usia 3-4 tahun di TPA Insan Madani kecamatan Geger kabupaten Madiun. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menunjukkan hasil wawancara guru dan anak. Hasil analisis data menununjukkan hasilyang signifikan dengan bukti bahwa anak sudah tidakmengalami kesulitan pada saat melakukan kegiatan berjalan jinjit. Dari hasil penelitain dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan secara signifikan dalam hasil belajar kemapuan motori kasar pada pembelajaran fisik motporik melalui kegiatan aktivitas berjalan jinjit.

Keywords


Perkembangan, Motorik Kasar, Stimulasi , Jalan-jalan Pagi, Berjalan Jinjit.

Full Text:

PDF

References


UKK Nutrisi & Penyakit Metabolik IDAI 2018

Hurlock, (2020). Perekembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Jakarta. Penerbit KENCANA

Ani Cristina, (2018). TUNTAS MOTORIK INVESTASI SEPANJANG HAYAT. Sidoarjo. Diterbitkan Filla Press

Khadijah dan Nurul Amelia, (2022). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Jakarta. Penerbit KENCANA

Gusril, (2016, 2017), Eri Barlian, (2017) dan Diyan Noviyanti (2021). AUTOBIOGRAFI LIKA-LIKU MENGGAPAI GURU BESAR PEDAGOGI OLARAGA. Padang. Penerbit UNP Press

Suharsimi Arikunto dan Cepi Syafruddin Abdul Jabar, (2012). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Pratisi Pendidikan. Jakarta. Penerbit BUMI AKSARA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Niswah Azizatul mutrofin, Hermawati D. Susari, Alisa Alfina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.