Nilai Gotong Royong dalam Tradisi Sambatan pada Masyarakat Samin dan Implementasinya pada Layanan Bimbingan Kelompok

Kovneliarum Dianggi, Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan beberapa kegiatan sehari-hari seperti interaksi sosial dan nilai gotong royong dalam tradisi Sambatan pada masyarakat Samin di Dusun Jepang Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui secara objektif suatu aktifitas dengan tujuan menemukan pengetahuan baru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dan peneliti fokus membahas nilai-nilai gotong royong dalam tradisi Sambatan yang kemudian ditemukan beberapa aspek nilai-nilai dalam gotong royong meilputi: tolong menolong, kerjasama, sukarela, kekeluargaan, solidaritas, kesetaraan sosial, dan tenaga resiprokal. Hasil kajian ini, akan dijadikan dasar pengembangan layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelmpok dengan menginternalisasikan nilai budaya, akan lebih bisa memaksimalkan pencapaian tujuan. Nilai masyarakat Samin, yaitu budaya gotong royong, dapat membuat dinamika kelompok menjadi lebih hidup, terutama dalam hal upaya membantu permsalahan yang dialami oleh anggota kelompok yang lain.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Gotong Royong, Nilai, Samin, Tradisi Sambatan

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. . (2021). Kepribadian Etnis Samin dan Implikasinya Terhadap Teknik Konseling Model KIPAS (Kajian Fenomenologi Transendental). Universitas Negeri Malang.

Hafidloh, L. (2020). Potret kegiatan Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Samin di Bojonegoro. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hajaroh, M. (2010). Paradigma, Pendekatandan Metode Penelitian Fenomenologi. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 1–21.

Hanifah, U. (2019). TRANSFORMASI SOSIAL MASYARAKAT SAMIN Di BOJONEGORO (Analisis Perubahan Sosial dalam Pembagian Kerja dan Solidaritas Sosial Emile Durkheim). Jurnal Sosiologi Agama, 13(1), 41–71. https://doi.org/10.14421/JSA.2019.131-02

Huda, K., & Wibowo, A. M. (2013). Interaksi Sosial Suku Samin Dengan Masyarakat Sekitar (Studi Di Dusun Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro Tahun 1990-2012). AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 3(01). https://doi.org/10.25273/AJSP.V3I01.907

Inrevolzon. (2013). Pemandangan KEBUDAYAAN DAN PERADABAN.

Kurniawan, M. F., Awaliyah, S., & Habibi, M. M. (2021). PERILAKU NASIONALISME MASYARAKAT DI ERA KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI PADA MASYARAKAT SAMIN DI KABUPATEN BOJONEGORO. 1(2).

Mulwati, S. (2017). Meningkatkan rasa percaya diri melalui strategi layanan bimbingan kelompok. Didaktikum, 18(3).

Munawaroh, S., Ariyani, C., & Suwarno. (2015). Etnografi Masyarakat Samin Di Bojonegoro.

Naqiyah, Najlatun Restyowati, D. (2010). PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KERJA SAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA.

Nova Retnowati, M. (2015). Metode Kualitatif. Zifatama Publisher, Anggota IKAPI No. 149/JTI/2014, 3–5.

Nugroho, S. A., & Muhibbin, A. (2015). Pelaksanaan Sambatan Untuk Meningkatkan Karakter Kepedulian Sosial Di Lingkungan Masyarakat (Studi Kasus Desa Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun 2014). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pamungkas, A. D., Rosyani, ., & Suandi, . (2013). KAJIAN NILAI SAMBATAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN KAITANNYA DENGAN KEBERLANJUTAN MASYARAKAT DESA DI DESA MERANTI JAYA. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.22437/JISEB.V16I2.2774

Pertiwi, R. E. (2018). Pendekatan Eksistensial Humanistik berbasis nilai budaya gotong-royong untuk meningkatkan empati siswa Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 55–63.

Petrus, J., Sugiyo, T. I. (2012). View of MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA HIBUA LAMO UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA.

Salsabela, A. (2013). Penerapan Permainan Kerjasama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus. Can. J. Chem, 55, 3562–3574.

Setiowati, E. (2014). Memahami Kriteria Kualitas Penelitian: Aplikasi Pemikiran Penelitian Kualitatif Maupun Kuantitatif. Journal of Vocational Program University of Indonesia, 2(2), 3–10.

Silondae, D. P. (2013). View of MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI BUDAYA SUKU TOLAKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA.

Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Membangun Modal Sosial. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95–102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kovneliarum Dianggi, Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.