Peningkatan hasil belajar tematik melalui penggunaan media diorama berbasis Inquiry Learning untuk siswa kelas V SDN Pilangbango

Septy Pradani, M Soeprijadi Djoko Laksana, Raras Setyo Retno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa melalui penerapan media diorama berbasis Inquiry Learning yang memiliki tahapan diantaranya orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap siklus (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas V SDN Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun pada pembelajaran Tema 8 Subtema 1 dengan fokus siklus air. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi, digunakan untuk mengumpulkan data melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media diorama berbasis Inquiry Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dibuktikan dari hasil observasi. Siklus I diperoleh rata-rata 70% dan Siklus II dengan rata-rata 88%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 18%. Penelitian ini juga dapat meningkatkan hasil belajar Tema 8 Subtema 1, khususnya pada materi siklus air. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang meningkat dari Siklus I ke Siklus II. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar 10 (62,5%) dan yang belum tuntas 6 (37,5%). Siklus II terdapat 15 siswa tuntas belajar (93,75%) dan yang belum tuntas 1 (6,25%). Berdasarkan data tersebut, hasil belajar siswa kelas V SDN Pilangbango mengalami peningkatan dari siklus I 62,5% dan siklus II 93,75%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 31,25%.


Keywords


Media diorama, Inquiry Learning, Hasil Belajar, Siklus Air.

Full Text:

PDF

References


Andrini, V. S. 2016. The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.

Kustadiyono, Ibnu Dwi. (2020). Model Inquiry dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika

Nudhar, Afifah Nuri. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Inquiry dan Media Diorama Pada Siswa Kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other Thesis, IAIN Salatiga.

Nurfadilah, Septy. 2021. Media Pembelajaran (Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. .CV Jejak:Sukabumi, Jawa Barat.

Nurmizsuari, Rahma. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Diorama Pada Siswa Kelas V MI Kauman Kidul Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN Salatiga.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Suharsimi, Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. PT Bumi Aksara: Jakarta

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. 2018. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima CV:Bandung

Winarsih, Murni. 2021. Buku Pedoman Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Media Dan Informasi. Bintang Pustaka Madani: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Septy Pradani, M Soeprijadi Djoko Laksana, Raras Setyo Retno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.