Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan penyelesaian soal matematika berbasis HOTS siswa kelas IV SD

Sari Dewi Agustin, Vivi Rulviana, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penyelesaian soal Matematika berbasis HOTS siswa kelas IV SD. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara acar (random sampling) diperoleh SDN 2 Bringin sebagai kelas eksperimen dan SDN 3 Pengkol menjadi kelas kontrol dengan jumlah siswa dari masing-masing sekolah yaitu 15 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes (pretest dan posttest) dan lembar observasi aktivitas siswa. Peneliti melakukan analisis data dalam penelitian dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji tingkat keseukaran soal, daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, hipotesis uji-t, dan uji N-Gain Scrore berbantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Berdasarkan analisis data peneliti memperoleh hasil bahwa thitung > ttabel dengan perolehan angka 3,213 lebih besar dari 2,131 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil uji N-Gain Score menunjukkan bahwa kelas kontrol mencapai tafsiran cukup efektif dengan skor 52,21, sedangkan pada kelas eksperimen hasil uji N-Gain yaitu 73,08 dengan tafsiran efektif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa kelas kontrol dalam menggunakan model konvensional mencapai taraf aktivitas positif selama kegiatan pembelajaran dengan nilai 72%, sedangkan di kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning siswa terlihat lebih aktif dan berinteraktif secara positif dengan nilai 93,75%. Berdasarkan pemaparan diatas maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan penyelesaian soal Matematika Berbasis HOTS Siswa Kelas IV SD.

Keywords


Problem Based Learning, Penyelesaian Matematika Berbasis HOTS

Full Text:

PDF

References


Adam, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal-Soal Hots Melalui Kegiatan in House Training Pada Kegiatan Mgmp Ipa Wilayah Lumajang Jawa Timur. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(8), 584–596.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21", 2011, 34–42.

Delisda, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84.

Dewi, R. A., Sriyono, & Ashari. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Fisika SMA N 3 Purworejo Kelas XI Tahun Pelajaran. Jurnal Berkala Radiasi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo, 06(1), 64–70.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Hadi, F. R. (2021). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe High Order Thinking Skills (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 872–879.

Masitoh, L. F., & Weni, G. A. (2020). Pengembangan Instrmen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Di Smp Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 886–897.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK), 1(2), 41–45.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sari Dewi Agustin, Vivi Rulviana, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.