Pendampingan orang tua di rumah selama pelaksanaan Blended Learning

Dhea Septya Sahnanda, Dian Ratnaningtyas Afifah, Hermawari Dwi Susari

Abstract


Pembelajaran campuran atau blended learning selama masa pandemic COVID-19 menjadi salah satu alternatif anak-anak untuk tetap mendapatkan hak untuk belajar mulai satuan pendidikan PAUD sampai perguruan tinggi. Melalui blended learning memberikan atmosfir yang berbeda untuk anak-anak. pendampingan menjadi salah satu hal yang penting yang dapat dilakukan oleh orang tua dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan-pendampingan yang dilakukan oleh orang tua selama blended learning dirumah. Penelitian ini dilakukan di CKS Cendekia Kids Scholl Madiun. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan orang tua yaitu penyediaan fasilitas, pendampingan orang tua juga berkaitan dengan pendampingan emosi anak yang ditunjukkan, dan kendala-kendala dalam pendampingan.

Keywords


Pendampingan, Blended learning, Orang tua

Full Text:

PDF

References


Angus, D. C. (2020). Optimizing the Trade-off between Learning and Doing in a Pandemic. Journal of the American Medical Association.

Harahap, F. I. (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting Dan Pola Asuh Orang Tua. Jurnal IlmuIlmu Sosial & Keislaman, 1-15.

Irma, C. N. (2014). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak, 214.

Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Keislaman NIZHAM, 173-184.

Sahnanda , D. S., nuraini, r. s., arianti, a. d., & afifah, d. r. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Respon Emosi Anak Selama. simdikjar 4, 436-444.

Tabiin. (2020). roblematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Ditengah Pandemi. Jurnal Golden Age, 190-100.

Ulfasari, U., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 935-944.

wulandari, y. n. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah. seminar nasional magister manajemen pendidikan UNISKA MAB, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhea Septya Sahnanda, Dian Ratnaningtyas Afifah, Hermawari Dwi Susari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.