Pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar siswa kelas 8I di SMPN 1 Jogorogo tahun ajaran 2021/2022

Ervina Khusnul Warohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)  Mengetahui motivasi guru terhadap minat belajar siswa kelas 8I di SMPN 1 Jogorogo (2) Mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar siswa kelas 8I di SMPN 1 Jogorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Ex Post Facto yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu motivasi guru, sedangkan variabel terikatnya yaitu minat belajar siswa kelas 8I. Populasi pada penelitian ini berjumlah 41 orang dengan ketentuan 11 guru dan 30 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuisioner motivasi guru dan kuisioner minat belajar serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Motivasi guru terhadap minat belajar siswa kelas 8I di SMPN 1 Jogorogo cukup baik. (2) minat belajar siswa kelas 8I di SMPN 1 Jogorogo cukup baik. (3) Ada pengaruh positif antara motivasi guru terhadap minat belajar siswa sebesar 42%. Jadi terhadapat pengaruh dari motivasi guru terhadap minat belajar siswa.


Keywords


Motivasi Guru, Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O, 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekataan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hendra, faisal dan andrizal, 2018. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK” dalam jurnal Inovasi Vaksional dan Teknologi Vol 18 No. 1 (halaman 25-29). Padang: Universitas Negeri Padang.

Hurlock, 1995. Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1 tahun 1989. Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 3390. Sekretariat Negara . Jakarta.

Kamisa, 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Mohamad Badrus, 2018. “Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” dalam jurnal Pendidikan Studi Keislaman Vol. 8 No. 2 (halaman 143-152). Kediri: Madrasah Ibtidaiyah Najatus Salihin Tarokan.

Moh. User Usman. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Moh. User Usman. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Shalahuddin, Mahfud. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Yakobus Bwarnirun, Budi Santoso, 2021. “Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres 109 Perumnas Kota Sorong” dalam jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 4 Issue 1 (halaman 13-24). Sorong: Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ervina Khusnul Warohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.