Analisis keterampilan abad 21 siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar ditinjau dari gender

Viki Masruroh, Restu Lusiana, Vera Dewi Susanti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keterampilan abad 21 peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar ditinjau dari segi gender. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Pertanian Kota Madiun yang berjumlah 4 siswa terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda berjumlah 10 soal dan wawancara untuk menganalisis rata-rata hasil nilai dan pencapaian indikator berdasarkan aspek keterampilan abad 21. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata siswa perempuan 85 dengan kategori tinggi dan nilai rata-rata siswa laki-laki sebesar 75 dengan kategori sedang. Adapun hasil wawancara sesuai dengan hasil analisis tes, yaitu siswa perempuan lebih unggul dibandingkan siswa laki-laki karena lebih banyak memenuhi indikator setiap komponen keterampilan abad 21.

Keywords


Keterampilan Abad 21, Turunan Fungsi Aljabar, Gender

Full Text:

PDF

References


Ayuni, D. R. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Pada Materi Geometri Di Kelas X1 Keperawatan 1 Smk Muhamadiyah 7 Gondanglegi. Tesis, 4. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44421

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Simanjuntak, E., & Dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Perbedaan Gender. School Education Journal, 9(3), 213–220.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Sulistiyawati, S., & Andriani, C. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1289

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, 2(2), 1–17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Viki Masruroh, Restu Lusiana, Vera Dewi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.