Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini

Mega Oktavia Nurlaila, Hermawati Dwi Susari, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Stimulasi adalah suatu kegiatan yang merangsang atau mengasah kemampuan dasar anak agar anak daapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Orang yang paling berperan memberi stimulasi kepada anak adalah orang tua. Pemberian stimulasi secara terus menerus akan semakin meningkatkan kemampuan anak. Oleh karena itu, pemberian stimulasi melalu perkembangan motorik halus sangt penting bagi perkembangan anak. Motorik halus adalah gerakan yang melibatkatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan melakukan grtakan pada otot-otot kecil, seperti menggerakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang cermat. Semakin baiknya gerak motorik halus membuat anak dapat berkreasi. Fungsi motorik halus anak usia dini dapat mengembangkan potensi anak seperti keterampilan khusus dan ketelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan dan diperoleh dari buku-buku, artikel-artikel pada jurnal, dan berita. Penelitian di deskripsikan dengan menggambarkan hasil temuan melalui pengamatan, pencatatan dan penganalisian tentang permasalahan peneliti kemudian dipetakan hingga menjadi suatu pola yang utuh dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak sebagai berikut: membuat tulisan namanya sendiri, menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk dan pola, membuat kolase dan bentuk dengan berbagai media, mengikat tali sepatu.

Keywords


Stimulasi orang tua, perkembangan, motorik halus, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9. .

Anwar, R. N. (2020). Penguatan Orangtua Di Tengah Pandemi Guna Menjaga Fitrah Anak. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS 2). 1(1), 386–392. Malang: Universitas Negeri Malang. .

Daniatun. (2018). Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Pra Sekolah 4-6 Tahun Di TK Islam AL-Ma'ruf Samarinda.

Diana, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Harapan Bunda Surabaya. Jurnal Ilmiah : J-HESTECH, Vol. 2 No. 1, 51-60.

Fenny Fernaando, E. W. (2020). Hubungan stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Medika Santika.

Depkes R.I. (2012). Pedoman Nasional Tumbuh Kembang Anak.

Soetjiningsih. (2018). Tumbuh Kembang Anak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mega Oktavia Nurlaila, Hermawati Dwi Susari, Rosyida Nurul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.