Kemampuan matematisasi siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA konten change and relationship

Avellina Miftakus Saadah, Titin Masfingatin, Indra Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematisasi siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 12 Madiun yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Profil matematisasi siswa perempuan dalam menyelesaikan soal tipe PISA dengan menuliskan informasi yang terdapat pada soal kemudian menggunakan simbol untuk menghubungkan informasi pada soal dengan penyelesaian, membuat model matematika dari informasi pada soal berupa permisalan. Dari model matematika yang dibuat kemudian diselesaikan dengan menggunakan alogaritma untuk memperoleh kesimpulan.. (2) Profil matematisasi siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal tipe PISA dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, setelahnya membuat model matematika berupa gambar, kemudian menyelesaikan model matematika yang dibuat hingga memperoleh kesimpulan menggunakan alogaritma.


Keywords


Matematisasi, PISA, Change and relationship

Full Text:

PDF

References


Arsikin M, A. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Skripsi Uraian Uraian Berdasarkan Taksonomi Solo.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Kemampuan Pemahaman Membaca, Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah SQRQCQ Model Integratif dengan Literatur Anak.

Hermanto, R. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Program Sketchpad Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematik Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Jurnaidi, J., & Zulkardi, Z. (2014). Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1860.25-42

Nuraini, E. (2020). Analisis proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43921

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2020). Analisis Kemampuan Matematisasi Berdasarkan Pisa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di Smp Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura. Tesis, 274–282.

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), Knpmp I, 199–209.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Avellina Miftakus Saadah, Titin Masfingatin, Indra Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.