Implementasi model pembelajaran flicku pada materi gelombang cahaya MAN 1 Kota Madiun

Nanda Fatma Nuraini, Tantri Mayasari, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada hasil wawancara dengan guru fisika di MAN I Kota Madiun yang melaporkan bahwa ada ketidaksesuaian antara pembelajaran daring dan lurimg. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aspek kognitif dan afektif siswa dalam pembelajaran di era new normal serta mampu menyelaraskan pembelajaran daring dan luring. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, serta observasi keaktifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran FliCKu dapat meningkatkan aspek kognitif dan afektif siswa. Perhitungan rata-rata siswa pada post-test meningkat sebesar 2.28 poin dari rata-rata pre-test. Berdasrkan hasil observasi kekatifan siswa menunjukkan rata-rata sebesar 79.4% dimana seluruh siswa masuk dalam kategori aktif.

Keywords


Model pembelajaran , Kognitif, Afektif.

Full Text:

PDF

References


Dian, W. V. (2021). Model Pembelajaran Kumon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Magnetic: Research Journal Of Physics and It’s Application, 81-86.

Elisa, S. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN PLS PADA METODE BELAJAR KUMON. Jurnal Pendidikan Untuk Semua. Surabaya: Jurnal Pendidikan Untuk Semua.

Halidin. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya (pp. 143-148). Kolaka: Saintifik.

Hartati, H. Z. (2019). PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DALAM MENINGKATKAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (pp. 26-38). Banda Aceh: Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah.

Irna, T. L. (2017). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED. EDUTCEHNOLOGIA.

Ponidi, N. T. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: Penerbit Adab.

Puri, S. (2020). EFEKTIVIAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DARING. (pp. 81-90). Depok: Primatika.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Suharno. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Pembelajaran. Journal of Social Science Teaching (pp. 120-131). Kudus: Ijtimaiya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nanda Fatma Nuraini, Tantri Mayasari, Farida Huriawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.