Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran di kelas V SD

Inggit Listi, Sri Lestari, Dewi Tryanasari

Abstract


Aplikasi kahoot merupakan aplikasi kuis online berbasis permainan yang dirancang untuk kegiatan pembelajaran. Aplikasi kahoot digunakan untuk mengelola suatu kuis, diskusi, hingga survey. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di 2 sekolah dasar, yakni di SDN Sampung 2 dan SDN Rejosari  Kecamatan Kawedanan dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar yatu menggunakan angket dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji t. Sebelum melakukan uji t dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan skor posttest lebih tinggi dibanding skor pretest. Pada kelas eksperimen rata-rata posttest 53,20 dan pretest 45,20. Sedangkan pada kelas kontrol skor posttest 45,72 dan pretest 43,68. Maka dapat disimpulkan penggunaan aplikasi kahoot  berpengaruh terhadap minat belajar siswa V SD

Keywords


Aplikasi kahoot, Pembelajaran tematik, Minat belajar

Full Text:

PDF

References


Fatmawati. (2021). Pengaruh penerapan media kuis berbasis kahoot terhadap minat Belajar matematika di SMA Budi Luhur Pangkalan Kresik. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambii, 132.

Kuncahyono, K., & Sudarmiatin, S. (2019). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik indahnya negeriku untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 156–163. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p156

Nisa, K. (2014). Analisis penggunaan apliaksi kahoot sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 23.

Ramenda, R. C. (2019). Penerapan Game Interaktif Aplikasi Kahoot. Jurnal Pendidikan Matematika, 121.

Subekti, A. (2017). Tema 9 Benda Benda di Sekitar Kita Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Aminah (ed.); 2nd ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). CV Alfabeta.

Sumarso. (2019). Pembimbingan Guru Membuat Kuis Online Kahoot dengan Combro (T. Yulianti (ed.); 1st ed.). Penerbit Dee Publish.

Yumnah, S., Risnanosanti., Abdullah, A. R., Salam, M. F., Firinta, T., & Hutagalung, I. S. R. (2022). Pengembangan Minat dan Bakat Belajar Siswa (R. Aqli (ed.); 1st ed.). CV Literasi Nusantara Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Inggit Listi, Sri Lestari, Dewi Tryanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.