Inovasi pembelajaran tatap muka (PTM) pada siswa kelas XI terhadap penyesuaian sosial di SMAN 1 Nglames

Ayu Tri Widyanigrum, Silvia Yula Wardani, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kembali normal, peserta didik aktif dalam belajar di sekolah. Sehingga tidak kesulitan untuk menerima materi, mengingat pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan konvensional, dituntut dan dipaksa menjadi pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan inovasi baru pada pembelajaran tatap muka (ptm) terhadap penyesuaian sosial selama pandemi covid-19. Metode ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 7 subjek yakni guru dan siswa kelas XI SMAN 1 Nglames Kabupaten Madiun. Peserta didik yang awalnya mengikuti pembelajaran secara daring (online) digantikan dengan pembelajaran tatap muka di sekolah selama pandemi covid-19. Perubahan sistem pembelajaran juga mengubah peserta didik dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru. Maka dari itu setiap guru, siswa dan staf pendidik membutuhkan pembaruan (Inovasi) pada pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan dengan cara : perencanaan pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kondisi pandemi, proses pembelajaran dengan menitikberatkan pada penyampaian materi dan penilaian/evaluasi harus menaati protokol kesehatan. Kegiatan pembelajaran tatap muka tetap berlangsung normal meskipun ketersediaan waktu yang terbatas sesuai dengan aturan dari pemerintah. 


Keywords


Inovasi, Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Penyesuaian Sosial

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.

Adi, W. (2022). Resiliensi, Inovasi dan Motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Amiruddin. (2021). Kesiapan Madrasah Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Educandum, 7(2), 141–156.

Annur, F., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19 Fikri. MAHAROT: Journal of Islamic Education, 5(1), 19–42. https://www.youtube.com/watch?v=mm4kysmYUv0

Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1438

Kau, M. A., & Idris, M. (2020). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.265-274.2018

Kemdikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). SKB 4 Menteri Republik Indonesia tentang Panduan Pembelajaran Tatap Muka, 5–6.

Kemendikbud Ristek. (2021). Surat Edaran Penyelanggaran Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022. 3–5.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Agama, M., Kesehatan, M., & Negeri, M. dalam. (2021). SKB 4 Menteri RI Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021 ,Nomor 440-717 Tahun 2021. 1–42. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB 4 MENTERI PANDUAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA.pdf

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

SELF, C. S., & BORNEO, E. (2021). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling. Ojs.Fkip.Ummetro.Ac.Id, 3(1), 4–10. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/555

Sri Wahyuni Saepudin, Lutfi Hamdani Maula, R. E. P. (2020). Menganalisis Peran Guru Mengenai Kesiapan Kegiatan Pembelajaran Dalam Mengahadapi Masa New Normal di Sekolah Dasar. Jurnal Persada, III(3), 176–181.

Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8–15. https://doi.org/10.29210/02021759


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Tri Widyanigrum, Silvia Yula Wardani, Noviyanti Kartika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.