Quizizz sebagai alternatif media evaluasi pembelajaran di sekolah dasar

Dian Budi Lestari, Apri Kartikasari HS, Dewi Tryanasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menggunakan Quizizz. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan cek dokumen evaluasi. Teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses evaluasi pembelajaran sudah memenuhi aspek ketepatan (isi) soal evaluasi, efisiensi, dan kelengkapan. Evaluasi pembelajaran menggunakan Quizizz menjadi alternatif guru yang lebih efektif dan efisien.


Keywords


Quizizz, Evaluasi pembelajaran, Tematik integratif

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, S., & Lismawati. (2019). Pengaruh implementasi aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 32 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 842–849. https://doi.org/10.22236/SEMNAS/11842-849235

Amirono, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosising Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I6.1512

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif : Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish CV. Budi Utama.

Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/BESTARI.V17I1.474

Pamungkas, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz. Majalah Lontar, 32(2), 57–68. https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306

Rajagukguk, M. (2020). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 45–50.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish CV. Budi Utama.

Wibawa, P. R., Astuti, I. R., Pangestu, B. A., Prasetya, R., Intan, R., & Aji, B. (2019). Smartphone based application Quizizz as a learning media. Dinamika Pendidikan, 14(2), 244–253. https://doi.org/10.15294/DP.V14I2.23359


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dian Budi Lestari, Apri Kartikasari HS, Dewi Tryanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.