Pengembangan e-modul berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan teknik elektro

Nurulita Imansari, Agung Panji Sasmito, Balqis Bintang Paramita, M Mei Fajar Nurokhim Arifki

Abstract


Perkembangan dunia pendidikan yang begitu cepat menuntut para dosen untuk mampu mengikutinya. Salah satunya dengan penggunaan Information and Communication Technology dalam pembelajaran. Penggunaan Information and Communication Technology dalam pembelajaran dapat diwujudkan dalam sebuah pengembangan sumber belajar baru. Salah satu sumber belajar berbasis teknologi yang dikembangkan adalah e-modul berbasis proyek. Pengembangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam artikel ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul berbasis proyek yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. E-modul berbasis proyek juga dinyatakan efektifuntuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Keywords


E-Modul, Proyek, Motivasi belajar, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amirudin, A., & Dkk. (2015). Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1)

Awwaliyah, H. S., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP tema cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education, 4(2), 516-523.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The effect of project-based learning on learning motivation and problem-solving ability of vocational high school students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709-712.

Delianti P. I, Nizwardi J. (2020). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata kuliah Pemrograman Visual. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 3, No 2

English, M. C., and A. Kitsantas. (2013). “Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning.” Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning 7 (2): 128–150. doi:10.7771/1541-5015.1339.

Feri Kurniawati, E. (2020). Pengimplementasian e-Modul Etnokonstruktivisme Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jjpip.v13i1.100000

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2 (2), 84-92

Hamzah, Amir (2019) Metode Penelitian dan Pengembangan Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Batu : Literasi Nusantara.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Center for Society Studies (CSS)

Jamaluddin, M. (2018). Implementasi e-modul berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 319-326.

Kadek, I., Winaya, A., Mahendra Darmawiguna, G., Gede, I., & Sindu, P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 198.

Karlina, D. M., Tenri Pada*, A. U., Khairil, K., Artika, W., & Abdullah, A. (2021). Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Web Dipadu Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 139–150. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18135

Komang Priatna, I., Made Putrama, I., Gede, D., & Divayana, H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1).

Oksa, S., & Soenarto, S. (2020). Pengembangan e-modul berbasis proyek untuk memotivasi belajar siswa sekolah kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 99-111.

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.

Pintrich, P. R. 2004. A Conceptual Framework for Assessing Motivation and Self-Regulated Learning in College Students. Educational psychology review, 16(4), 385-407.

Putri, M. A., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 174-180.

Redy Winatha, K., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

Riduwan. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22-29.

Shia, R. M. 1998. Academics Intrinsic and Extrinsic Motivation and Metacogniti on: Assessing Academic Intrinsic Motivation: A look at student goals and personal strategy. Thesis Wheeling Jesuit University, West Virginia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurulita Imansari, Agung Panji Sasmito, Balqis Bintang Paramita, M Mei Fajar Nurokhim Arifki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.