Impelementasi nilai- nilai demokrasi pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan karakter demokratis siswa kelas 8 di SMP Negeri 11 Madiun

Siti Maryam, Nuswantari Nuswantari, Wawan Kokotiasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai- nilai demokrasi pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan karakter demokratis siswa kelas 8 di SMP Negeri 11 Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif  pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian terdiri dari guru PKn dan siswa kelas 8 SMP Negeri 11 Madiun tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan secara natural setting, menggunakan data sekunder dan primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasar pada teori zamroni bahwa Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi dengan mempersiapkan warga negara untuk berpikir kritis, merespon dan bertindak secara demokratis. Implementasi nilai- nilai demokrasi di SMP Negeri 11 Madiun dikembangkan dalam pembelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran PKn efektif digunakan untuk implementasi nilai – nilai demokrasi di SMP Negeri 11 Madiun. Ditunjukkan dengan adanya perubahan baik karakter demokrastis yang ada pada diri siswa. hampir semua siswa kelas 8 memahami nilai- nilai demokrasi, dan siswa sudah berperilaku demokratis dengan aspek nilai yang diterapkan yaitu siwa menjadi aktif, disiplin, tanggung jawab dan memiliki keberanian.

Keywords


Nilai Demokrasi, Karakter Demokratis, Pelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai- Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif (Cetakan pe). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Damri. Putra, F. E. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan (S. & Firi (ed.); Pertama). Kencana.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 36. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitri, A. Z. (2014). Pendidikan Krakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah (T. R. Sari (ed.); Cetakan I). AR-RUZZ MEDIA.

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 72. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Kurniati, P., Putra, H. M., Komara, L. S., Wibianika, H., & Setiansyah, R. (2021). Budaya Kewarganegaraan, Praktek Kewarganegaraan dan Pendidikan untuk Kewarganegaraan Demokratis. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 113.

Margono, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK (cetakan ke). PT RINEKA CIPTA.

Rini, N. D. A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 164–168.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 48. https://doi.org/10.1111/2048-416x.2017.12004.x

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 38. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (E. Kuswandi (ed.); Cetakan ke). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Ubaedillah, A. et al. (2016). Pendidikan kewargaan (civic education), DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, DAN MASYARAKAT MADANI (Jeffri (ed.); edisi revi). ICCE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta x Prenada Media Group.

Winarno. (2018). Pradigma Baru Pendidikan Pancasila (R. Damayati (ed.); Cetakan ke). Paragonatama Jaya.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa [Relationship of discipline with student learning responsibilities]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 693. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6226


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Maryam, Nuswantari Nuswantari, Wawan Kokotiasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.