Implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran PKn kelas 8A SMPN 2 Geger

Faniatul Ragil Oktaviana, Teja Insyaf Sukariyadi, Yuni Harmawati

Abstract


Dalam Pendidikan karakter terdapat banyak karakter-karakter salah satunya toleransi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran PKN kelas 8A SMPN 2 Geger. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada guru mata pelajaran PKN dan siswa kelas 8A SMPN 2 Geger. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yaitu menggunakan metode reduksi data,display data dan penarikan kesimpulan. Nilai toleransi banyak dikehidupan siswa baik dilingkungan masyarakat,keluarga bahkan di sekolah. Siswa tahu betul apa itu tentang definisi nilai toleransi namun untuk implementasinya masih sangat minim karena tidak ada yang menerapkannya di sekitar. Peran guru sebagai suri tauladan khususnya guru pelajaran PKN berperan andil dalam pembentukan karakter siswa seperti halnya nilai toleransi, implementasi di sekitar sangat banyak untuk itu perlu adanya gencatan lebih dalam mengimplementasikannya. Pembelajaran PKN sangat berpengaruh dalam Pendidikan karakter siswa, bukan hanya dalam materi namun guru juga menyampaikan serta membentuk karakter siswa yang masing-masing anak sangatlah berbeda. Guru harus berperan aktif serta harus kreatif dalam menyampaikan maksud dari pembelajaran materi khususnya sub bab materi nilai toleransi. Dengan begitu siswa akan berpacu untuk melakukannya karena mudah dipahami serta mengimplementasikannya.


Keywords


Nilai toleransi, Pembelajaran PKN, peran guru

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z., (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Abu Bakar (2015), Konsep Toleransi beragama dan Kebebasan Beragama Jurnal, Toleransi Beragama: Media Komunikasi Umat Bergama, (Vol.7,No.2 123).

Arikunto, S., (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azmi, S. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Pengejawantahan Dimensi Manusia. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Volume. 18, 77–86.

Hamidah, S. (2015). TOLERANSI PERGURUAN PENCAK SILAT (Pagar Nusa, Kera Sakti dan PSHT). 11–31. http://etheses.uin-malang.ac.id/

Mahbubi, (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Maskuri Abdullah. (2001) Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keagamaan. Jakarta: Buku Kompas,

Moleong, 2012. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. UPI Repository, 33–34. http://repository.upi.edu/id/eprint/20109

Muhammad Usman dan Anton Widyanto. (2019).“Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia,” Journal of Islamic Education 2 no.1

Pamuji, desi dwi. (2020). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dalam Kenakalan Remaja. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11–42. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6319

Yusuf, A. (2015). Pengertian Pendidikan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Faniatul Ragil Oktaviana, Teja Insyaf Sukariyadi, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.