Efektivitas konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk mereduksi perilaku off-task pada peserta didik kelas 5 SDN Mojorejo

Vima Dwi Cahya Mukti, Silvia Yula Wardani, Diana Ariswanti Triningtyas

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kebiasaan berperilaku off-task didalam proses pembelajaran. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk mereduksi perilaku off-task pada peserta didik kelas 5 SDN Mojorejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen model pre-eksperimental design dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi peneitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Mojorejo Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 33 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang siswa SDN Mojorejo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan di analisis dengan menggunakan rumus paired sample test. Berdasarkan hasil setelah diberikan treatment konseling kelompok dengan teknik behavioral contract dapat dibuktikan dengan hasil data penelitian yang menunukkan bahwa hasil rata-rata pretest sebesar 99,50 dan hasil rata-rata posttest sebesar 67. Dan hasil uji paired sample test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa “konseling kelompok dengan teknik behvaioral contract efektif untuk mereduksi perilaku off-task pada peserta didik kelas 5 SDN Mojorejo”.

Keywords


Konseling Kelompok, Teknik Behavioral Contract, Perilaku Off-Task

Full Text:

PDF

References


Andiani, Y., & Naqiyah, N. (2019). Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Yang Tidak Dikehendaki (Off-Tasks) Pada Pembelajaran Siswa di Kelas Atlet VIII-A SMPN 3 Gresik. Jurnal BK UNESA, 9(3), 1–10.

Dudi, J. (2017). Pengungkapan Diri Siswa Dalam Mengikuti Layanan Konseling Kelompok (Studi Kasus Di Man Model Palangkaraya). Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3, 137–145.

Esanti, R. L. N., Ramli, M., & Yuniastuti. (2020). Bentuk-Bentuk Perilaku Off-Task dan Upaya Penanganan Guru Kelas di Madrasah Ibtida’iyah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 94–100.

Fathi, M. K., Yuliansyah, M., & Auliah, N. (2019). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Dikelas Vii Smp Negeri 9 Banjarbaru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 87–90.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. PT. Indeks.

Krismi, IM. Hambali, & Diniy Hidayatur Rahman. (2021). Keefektifan Teknik Behavior Cont Keefektifan Teknik Behavior Contract Dalam Bingkai Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Efektor, 8(2), 176–183. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.15917

Nalman, A. M., Sutardi, D., & Sulusyawati, H. (2018). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Kebiasaan Membolos Siswa Kelas Xi Sma Negeri 8 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 31–42.

Prasetiawan, H. (2016). Upaya Mereduksi Kecanduan Game Online. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 116–125.

Riyadi, S. (2015). Teknik Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Off-Task Dalam Layanan Informasi. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 37–41.

Shofuhah, M., & Naqiyah, N. (2016). Perilaku Siswa Yang Tidak Dikehendaki (Off-Task Behavior) dan Penanganan Konselor di SDIT At-Taqwa Surabaya. Jurnal Bk Unesa.

Sintiasari, P. D., & Nursalim, M. (2018). Konseling Individu Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengurangi Perilaku Off Task Siswa Kelas Vii-D Smp Negeri 2 Gresik. Junal BK UNESA, 9(1), 102–108.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA.

Sukarti, S., Kurniawan, K., & Mulawarman. (2018). Mengurangi Bullying Verbal melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1), 53.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). PT. RajaGrafindo Persada.

Zuhara, S. M., Rahmawati, & Handoyo, A. W. (2021). Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Perilaku Belajar Siswa untuk Mengurangi Perilaku Off Task. Sistema: Jurnal Pendidikan, 02(02), 9–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vima Dwi Cahya Mukti, Silvia Yula Wardani, Diana Ariswanti Triningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.