Keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran tematik integratif

Binti Isticomah, Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari H.S

Abstract


Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif mengomunikasikan setiap ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Keterampilan berbicara mejadi salah satu pendukung siswa untuk aktif mengkomunikasikan keingintahuan dan pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran tematik, sehingga keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran tematik memiliki peran yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), metode ini menggunakan tiga tahapan yang terdiri dari eksternal, internal dan empat tahapan penilaian kualitas (QA). Artikel dikumpulkan menggunakan mesin pencarian EBSCO, Google Schoolar, Proquest dan Science Direct. Artikel yang dikumpulkan adalah terbitan 2015-2022. Hasil akhir didapatkan 5 artikel dari 91 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Artikel yang berfokus pada kajian kompetensi keterampilan berbicara siswa, meningkatkan keterampilan berbicara siswa, berbicara sebagai keterampilan berbahasa, dan cara meningkatkan keterampilan berbicara. Secara khusus, mengaji keterampilan berbicara dalam pembelajaran tematik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan berbicara menjadi hal yang penting untuk dimiliki siswa sekolah dasar, khsusnya dalam pembelajaran tematik integratif yang mengharapkan siswa aktif menggali informasi secara mandiri. Faktor yang mempengaruhi kesulitan keterampilan berbicara siswa terdiri dari faktor kebahasaan dan nonkebahasaan. Upaya yang diterapkan dalam mengatasi kesulitan berbicara tersebut yaitu dengan menggunakan startegi point center point dan media bergambar.


Keywords


Pembelajaran tematik, Keterampilan berbicara,

Full Text:

PDF

References


Agus Setyonegoro. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Jurnal Pena, 3(1), 67–80. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1451

Fradana, A. N., & Suwarta, N. (2018). Buku Ajar Bahasa Indonesia. In V. Rezania (Ed.), UMSIDA Press (pertama, Vol. 53, Issue 9). UMSIDA Press.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56

Husna, A. R. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan Dalam Pembelajaran Hidayatullah Jakarta 2020 M / 1442 H. Skripsi, 59.

Jaya, elfrida susanti, & Yulianti. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik SDN Bakalan Krajan 1 Malang Kelas IV. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 211–216. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/474

Khotimah, S. (2014). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iii Sdn Kesemen Mojokerto. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–6.

Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda Astri Putri. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI. ROUDHOTUL JANNAH KOTA TANGERANG. 3, 386–395.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

ROKHIMAWAN, M. A., & LELI, N. (2019). Pengaruh Strategi Point Counter Point Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Tematik. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 247–257. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3119

Sylvia, R. (2019). Jurnal pena sd volume 05 nomor 01 | 17. Jurnal Pena Sd, 05, 31–35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Binti Isticomah, Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari H.S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.