Strategi guru dalam penegakan tata tertib sekolah di MTSN 3 Magetan tahun ajaran 2021/2022

Fitri Ani Nurlatifah, Nurhadji Nugraha, Yuni Harmawati

Abstract


Tata tertib atau peraturan sekolah berisi tentag  apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh siswa selama berada di lingkungan sekolah, untuk menumbuhkan iklim yang mendukung kelancaran, ketertiban, dan lingkungan belajar yang menyenangkan. Walaupun  di setiap sekolah sudah terdapat tata tertib sekolah, akan tetapi masih terdapat siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Pelanggaran tata tertib ini menunjukkan pentingnya strategi guru untuk menerapkan peraturan sekolah. Guru memegang peranan penting Untuk menciptakan lingkungan yang sesuai, tertib, dan disiplin. Berikut ini adalah tujuan dari penelitian ini: (1) mendeskripsikan berbagai jenis pelanggaran tata tertib sekolah (2) mengidentifikasi faktor yang menyebabkan anak melanggar peraturan sekolah (3) mendeskripsikan strategi guru dalam menegakkan peraturan. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Berdasarkan temuan peneliti, jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan oleh siswa MTSN 3 Magetan adalah datang terlambat, membolos, berkelahi, tidak mengenakan seragam sekolah secara lengkap, dan tidak menyelesaikan tugas atau pekerjaan rumah. Faktor yang mendorong siswa untuk melanggar peraturan sekolah Di MTSN 3 Magetan  yaitu ada dua;  faktor internal dan faktor eksternal. Strategi guru dalam menegakkan peraturan sekolah adalah dengan mensosialisasikan, penyadaran atau mengingatkan siswa, kemudian melakukan bimbingan dan konseling, serta upaya tambahan yang melibatkan sistem poin dan sanksi, dan keterlibatan dengan orang tua.

Keywords


Strategi Guru, Tata Tertib Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ananda, R.P., Sanapiah&Yuliyanti, S. (2018). AnalisisKesalahanSiswa Kelas VII SMPN 7 MataramdalamMenyelesaikanSoal Garis dan SudutTahun Pelajaran 2018/2019: (online),

Anggraini, E. N., & Subadi, T. (2016). Pengelolaan Tata Tertib Sekolah Menengah Pertama. Jurnal VARIDIKA, 27(2), 144-151.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439-446.

Ernaningsih, D., & Anomeisa, A. B. (2019). Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. BIRUNIMATIKA, 4(2), 013-020.

Halawa, D. B. (2021). Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Moral Siswa di Kelas X SMA Negeri 1Gido Tahun Pelajaran 2018/2019. KAUKO, 1(1), 34-45.

Harnita, S., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2017). Hubungan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Perilaku Peserta Didik. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(4).

Husna, N. (2019). Tingkat Kontrol Diri Siswa Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah Di SMAN 1 Canduang. Jurnal Ekobistek, 8(1).

Indayanti, I., & Mutia, M. (2018). Konsep Pembelajaran Berbasis Sistem Among Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Siswa (Telaah Pemikiran Ki Hajar Dewantara) (Doctoral Dissertation, IAIN CURUP).

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Oktasari, D., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Analisis Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Oleh Siswa Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), 16-21.

Octavia, E. (2017). Analisis pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana pembinaan moral di SMA Taman Mulya Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 14-24.

Ridwan, R. (2021). Penerapan Hukuman Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Smk Negeri 1 Pangkalan Bun Kab. Kotawaringin Barat. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(2), 160-168.

Sika, H. D., & Suharningsih. (2015) PERAN GURU DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA KELAS X DI SMA ANTARTIKA SIDOARJO. Jurnal Mahasiswa Universita Negeri Surabaya, 1(3).

Sormin, D., & Rangkuti, F. R. (2018). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Terpadu Mutiara Kota Padangsidimpuan. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 4(2), 219-232.

Suriana, S. (2016). Kontrol Sosial Guru Pada Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Watansoppeng (Doctoral dissertation, FIS).

Susanto, E. (2015). Manajemen Sistem Poin Dalam Membina Kedisiplinan Siswa. Manajer Pendidikan, 9(3)

Tenri, A. O., & Ahmad, M. R. S. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Smas Muhammadiyah Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 25-30.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem pendidikan Nasional (online).

Zaini, A. (2014). Urgensi Bimbingan dan Konseling Bagi Remaja (Upaya Pencegahan Terhadap Perilaku Menyimpang). KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 371-390.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Ani Nurlatifah, Nurhadji Nugraha, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.