Penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa kelas X otomatisasi perkantoran pada pembelajaran ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Madiun

Enggar Wilujeng, Novita Erliana Sari, Maretha Berlianantiya

Abstract


Pembelajaran di era merdeka belajar saat ini, menghendaki siswa untuk mampu belajar secara mandiri dan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang biasa disebut dengan High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, peningkatan high order thinking skills siswa menggunakan model berbasis proyek atau project based learning pada siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMKN 5 Kota Madiun. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 5 Kota Madiun, Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) class observation research (COR).  Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat 4 tahapan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis peningkatan HOTS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase High Order Thinking Skills siswa juga meningkat pada siklus I dan II melalui tiga penilaian yaitu pada kemampuan berpikir kritis sebesar (75% -80%), kemampuan pemecah masalah sebesar (75% - 85%) sedangkan pada kemampuan berpikir kreatif (75% – 85%).

Keywords


Pembelajaran berbasis proyek, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS),

Full Text:

PDF

References


Asep, S., & Galih, R. S. D. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi. 6(2).

Efvinggo, J. F. (2021). Mengidentifikasi Kecakapan High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). 1(2).

Ega, G. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. 6(2).

Fajri, H. M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bangkinang. 2(1).

Fatimah, S. S., & Mulyati. (2022). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemberian Soal HOTS Siswa Kelas IX SMK Techno Terapan Makassar. 1(2).

Irfan, Y., Sri, W. W., M, M., & Febiyanti, S. C. . (2019). Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. 7(2).

Muhammadi, Roza, & Humaira, H. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. 4(2).

R., I. E., Awaludin, T., & Irfan, A. (2020). HOTS (High Order Thingking Skill ) Dalam Paedagogik Kritis. 5(3).

Rusdarti, & Siti, F. M. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. 8(2).

Supardi, Suhardjono, & Suharsimi, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.)).

Yuliana, L. M., Umi, S., & Widjaja, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek ( project-based learning ) Untuk Peningkatan High Order Thinking Skills Siswa SMA Pada Pembelajaran Ekonomi. 1(12), 1195–1207. https://doi.org/10.17977/um066v1i122021p1195-1207

Yusni, A., Syamsurizal, Lufri, Rahmawati, D., & Mayang, A. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Tentang Materi Sisitem Pencernaan Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. 8(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Enggar Wilujeng, Novita Erliana Sari, Maretha Berlianantiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.