Kontribusi kegiatan keagamaan untuk pembentukan karakter religius melalui program pembiasaan doa bersama pada kelas VIII SMP Negeri 1 Geger tahun ajaran 2021/2022

Novita Lady Maulidya, Nuswantari Nuswantari, Yohannes Widhiastanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kontribusi kegiatan keagamaan untuk pembentukan karakter religius melalui program pembiasaan doa bersama pada kelas VIII SMP Negeri 1 Geger tahun ajaran 2021/2022. Karakter religius merupakan karakter yang berkaitan dengan Tuhan Yang Maha Esa dimana dalam bersikap dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Program pembiasaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang, berkelanjutan, serta continue sehingga menimbulkan seseorang terbiasa untuk bertindak dan berperilaku sesuai aturan sehingga tujuan yang direncanakan dapat tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan program pembiasaan doa bersama pada siswa kelas VIII yaitu dimulai dari pukul 07.00 WIB, yang dimulai dari masuk kelas, membaca al-quran, doa, lalu diakhiri menyanyikan lagu nasional. Dalam penerapannya juga didampingi oleh guru mata pelajaran jam pertama dan guru yang berada di ruang radio untuk memastikan agar siswa melaksanakan program pembiasaan doa bersama secara maksimal. Program pembiasaan doa bersama juga berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Geger.


Keywords


Karakter religius, Program pembiasaan doa bersama, Pengaruh pembiasaan doa bersama

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2).

Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 12(1).

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Aidah, S.N. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2).

Moloeng, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novearti, R. F. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Kota Bengkulu. 2(2).

Prasetiya, B., Tobroni, Cholily, Y.M., & Khozin. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Lamongan: Academia Publication.

Purba, S., Iskandar, A., Khalik, F.M., Syam, S., Purba, P.B., Saputro., A.N.C. et al. (2021). Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian. Yayasan Kita Menulis.

Supiana & Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Sukatin & Al-Faruq, S.S. (2020). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: CV Budi Utama

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1).

Widat, F., Rozi, F., & Lestari, P. (2022). Pembiasaan Prektek Keagamaan Sholat, Mengaji, Doa, Asmaul Husna (SMDH) dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novita Lady Maulidya, Nuswantari Nuswantari, Yohannes Widhiastanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.