TADIKA (Teks Deskripsi dan Ular Tangga): gagasan dalam pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia

Adhi Vavenci Revista Anugraheni, Fachri Izzulhag

Abstract


Pendidikan dinilai sebagai tolak ukur guna melihat kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan nasional yang membantu untuk terciptanya kualitas sumber daya manusia yang berkualitas pula, guna mencapai tujuan tersebut perlu diadakannya proses belajar mengajar yang efektif dan menarik. Gagasan pengembangan media pembelajaran Ular Tangga adalah untuk memberikan sarana dan prasarana pembelajaran yang dapat melibatkan peseta didik berperan aktif dalam proses belajar mengajar guna menjadi media yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran ini dipadukan dengan flash card sebagai alat bantu guna memberikan pertanyaan dan difokuskan terhadap materi Bahasa Indonesia kelas VII yaitu “Teks Deskripsi” sehingga melalui pengembangan media pembelajaran ini diharapkan peserta didik mengalami peningkatan terhadap aspek mengamati dan mendeskrpsikan symbol, teks, atau gambar pada flash card.


Keywords


Ular Tangga; Media Pembelajaran; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Coles, D., Bailey, G., & Calvert, R. E. (2020). Design, Research and Development. Introduction to Building Management, 161–171.

Kumala, D. R, et al. (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 1, 44–47.

Liliyafi, O. dan D. S. (2018). Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7, 29–38.

Pakpahan, A. F., et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wahyu, R. N. S. (2021). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adhi Vavenci Revista Anugraheni, Fachri Izzulhag

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.