Pengaruh Self Esteem Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik Di SMPN 1 Sawahan

Sena Surya Oktavian, Rischa Pramudia Trisnani, Ratih Christiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan Responden mengetahui pengaruh Self Estemm terhadap prokrastinasi siswa kelas SMP N 1 Sawahan, Memberikan pengaruh konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik di SMP 1 Sawahan , Memberikan pengaruh self esteem dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik di SMP 1 Sawahan. Metode penelitian ini menggunakan desain korelasi ex-post facto yang digunakan dalam penelitian ini. penelitian ex post facto merupakan penelitian yang meneliti peristiwa yang sudah terjadi, kemudian digunakan untuk mengetahui faktor yang menimbulkan peristiwa tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan hasil penelitian mengenai Pengaruh Self Estemm terhadap Prokrastinasi Akademik mendapatkan hasil yaitu hipotesis diterima atau signifikan yang artinya ada pengaruh antara Self Estemm terhadap Prokrastinasi Akademik. Hasil analisis data uji hipotesis Pengaruh Self Estemm dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik menggunakan analisis regresi dua predictor yang diperoleh “F_hitung” (0, 432). Setelah diujikan dengan taraf signifikan (sig) 5% adalah 0,361 dengan nilai N =30 sehingga dapat diperoleh “F_hitung” > “r_tabel” atau 0, 432> 0,361 dan nilai signifikan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y yaitu 0,767 < 0,05 yang berarti signifikanatau hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Self Estemm dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik

 

Kata kunci: Self Estemm, konformitas teman sebaya, prokrastinasi akademik, Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : PT. Rineka Cipta

Fauziah H.H. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Gunung Djati Bandung. Jurnal Psyampatic: jurnal ilmiah psikologi. Vol. 2 No. 2

Ghufron M. N. dan Risnawita R. (2012). TEORI-TEORI PSIKOLOGI. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Harkinawati M.A. 2019. Pengaruh Konformitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Skripsi. Unieversitas Negeri Jakarta

Khomariyah L. 2016. Hubungan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII di SMP 3 Negeri Kertosono. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rohana. 2015. Hubungan Self Efficacy Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Smp Bhakti. Ejournal Psicology

Sartika & Yandri. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Jurnal of Counseling and Development. Vol. 01 No. 01.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Trisnani Dkk. 2022. Studi Korelasi Interaksi Sosial Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Harga Diri Siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. Vol. 5 No. 1

Zusya A.R & Akmal Z. 2016. Hubungan Self Efficaty Akademik Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psyimpmpatic. Vol 1. No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sena surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.