Potensi situs punden lambang kuning Kabupaten Madiun sebagai sumber belajar sejarah SMA

Resta Cesario Bagaskara, S Soebijantoro, Novi Triana Habsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi situs punden Lambang Kuning sebagai sumber belajar sejarah SMA kelas X yang dimana masih ada keterkaitannya dengan pembelajaran sejarah pada materi kerajaan hindu budha di Indonesia jaman majapahit, karena keterbatasan sumber materi sejarah pada masa majapahit tidak tercantum pada buku dan tidak diketahui luas oleh siswa SMA. Pendekatan penelitian dilakukan dengan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs punden Lambang Kuning terdapat sebuah makam dan peninggalan benda-benda purbakala yang berada di sektitar situs punden Lambang Kuning yang merupakan bukti sejarah dari kerajaan Majapahit. Situs punden Lambang Kuning sangat berpotensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA kelas X serta dapat mengetahui jejak sejarah di masa kerajaan majapahit khususnya yang ada di Kabupaten Madiun.

Keywords


Situs; Lambang Kuning; Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Habsari, N. T., & Huda, K. (2018). MODEL PEMBELAJARAN VCT KAJIAN PEREMPUAN SIKEP DAN HAM UNTUK PENGUATAN NILAI KEARIFAN. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018 “Dunia Pendidikan Dalam Perubahan Revolusi 4.0,” (2), 171–180. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. https://doi.org/doi.org/10.24071/snfkip.2018.23

Habsari, N. T., Riyani, M., & Nafisah, D. (2020). Pengembangan Model Blended Menggunakan Schoology Dengan Pendekatan Project Based Learning Pada Pembelajaran Media Dan Bahan Ajar Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 45–49. Aceh: Universitas Samudra. Retrieved from http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/13

Hartono, Y., Haryanto, S., & Asrowi, A. (2018). Character Education in the Perspective of Humanistic Theory: A Case Study in Indonesia. Educare: International Journal for Educational Studies, 10(2), 95–108. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v10i2.948

Hartono, Y., & Huda, K. (2019). PEMBELAJARAN SEJARAH TRANSFORMATIF Untuk Materi Sejarah Kontroversial. Madiun: UNIPMA Press. Retrieved from http://eprint.unipma.ac.id/111/1/50. Pembelajaran_sejarah_transformatif___untuk_materi.pdf

Samiono. (2022a). Peninggalan Situs Punden Lambang Kuning. Kabupaten Madiun.

Samiono. (2022b). Sejarah nyai lambang kuning. Kabupaten Madiun.

Soebijantoro, S., Hidayatullah, F., Hariyanto, S., & Hariyati, S. (2019). PENGUATAN BAHAN AJAR ENTREPRENUER SEJARAH BERBASIS ELECTRONIC PUBLICATION MELALUI ANALISA KEBUTUHAN MAHASISWA DAN STAKE HOLDER. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 1–8. Pontianak: Universitas Tanjungpura. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/icote.v2i1.33887


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Resta Cesario Bagaskara, S Soebijantoro, Novi Triana Habsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.