Efektivitas bimbingan kelompok teknik roleplay untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas 10 SMAN 2 Ngawi

Afif Dzulfiqar Rusydi, Dahlia Novarianing Asri, Beny Dwi Pratama

Abstract


percaya diri merupakan salah satu dari banyak aspek penting yang mempengaruhi perpembangan individu. Percaya diri ini sangatlah diperlukan bagi siswa terutama dalam masa perkembangannya. Perkembangan yang cepat tentu saya akan menimbulkan berbagai permasalahan bagi siswa dan salah satu permasalahan yang timbul adalah kepercayaan diri pagi siswa itu sendiri. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efektivitas dari bimbingan kelompok Teknik roleplay peningkatan kepercayaan diri oleh siwa melalui bimbingan kelompok Teknik roleplay. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling kepada siswa kelas X IPA 6 SMAN 2 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan subyek 10 siswa kelas X IPA 6 SMAN 2 Ngawi. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen one group pre-test post-test menggunakan teknik analisis data uji wilcoxon. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya perubahan kenaikan dalam kepercayaan diri siswa setelah eksperimen bimbingan kelompok dengan teknik roleplay dilakukan. Maka dapat diartikan bimbingan kelmpok teknik roleplay efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas X SMAN 2 Ngawi. Metode layanan bimbingan kelompok dengan Teknik roleplay dapat diberikan kepada siswa sebagai cara meningkatkan kepercayaan diri.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Roleplay, Percaya diri

Full Text:

PDF

References


Akbari, Omidullah, and Javed Sahibzada. 2020. “Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process.” American International Journal of Social Science Research 5(1).

Basri, Hasan. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Roleplaying Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 032 Kualu Kecamatan Tambang.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau 1(1):38–53.

Fitri, Emria, Nilma Zola, and Ifdil Ifdil. 2018. “Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 4(1):1–5. doi: 10.29210/02017182.

Haolah, Siti, Euis Eti Rohaeti, and Tita Rosita. 2020. “Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Roleplaying Untuk Meningkatkan Kematangan Karier.” FOKUS 3(1).

Hidayati, Sif’atur Rif’ah Nur, and Siti Ina Savira. 2021. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya.” Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8(3).

Hulukati, Wenny. 2016. Pengembangan Diri Siswa Sma. Gorontalo: ideas publishing.

Juvrianto. 2018. “Improving The Students’ Speaking Ability Through Roleplay Method.” JET (Indonesian Journal of English Teaching) 8(1).

Kurniawan, Drajat Edy, and Taufik Agung Pranowo. 2018. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan 02(`1):50–60.

Mahmud, Alimuddin, and Kustiah Sunarty. 2012. Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan Dan Konseling. 1st ed. edited by I. Faisal. makassar.

Miranda, Ira, Ibrahim al Hakim, and Bangun Yoga Wibowo. 2019. “Efektivitas Teknik Roleplaying Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri.” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling 4(2). doi: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v4i2.

Mulyatiningsing, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan Dan Teknik.

Syam, Asrullah, and Amri. 2017. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare).” Jurnal Biotek 5(1):87–102.

Tanjung, Zulfriadi, and Sinta Huri Amelia. 2017. “Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa.” 2(2):1–4.

Wicaksono, Galih, and Najlatun Naqiyah. 2013. “Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia Smk Ikip Surabaya.” Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling 1(1):61–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afif Dzulfiqar Rusydi, Dahlia Novarianing Asri, Beny Dwi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.