Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) berbantuan media manipulatif stick terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SD

Deva Putri Alisa, Octarina Hidayatus Sholikhah, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif Stick terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SDN 02 Pandean Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain pada penelitian ini yaitu Quasi Experimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan analisis data post test thitung(8,039)>ttabel(2,024) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga hasil keputusan hipotesis pada penelitian ini setelah diberi perlakuan dinyatakan bahwa “model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif Stick berpengaruh terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SDN 02 Pandean Kota Madiun. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif Stick terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SDN 02 Pandean Kota Madiun.


Keywords


model missouri mathematics project, keterampilan berhitung, media manipulatif.

Full Text:

PDF

References


Benda, T., & Tanaman, H. D. A. N. (2018). Pengaruh Media Rumah Bilangan Dan Gelas Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas I Di Sekitarku Di Min Kudus.

Hidayah, A., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107

Marliani, N. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT ( MMP ). 5(1), 14–25.

Marliani, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 33–39. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/978/779

Muhammad Daut Siagian. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.

Nurussobah, S., Nuryani, P., Fitriani, A. D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pedagogik, D., Ilmu, F., & Indonesia, U. P. (2021). PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN. 06(I), 13–22.

Purwanti, S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa Sekolah Dasar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP) 253. 2, 253–266.

Rachman, T. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(1), 10–27.

Sarwindae, S., & Setyawan, D. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KONKRET PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN-3 TELANGKAH. 13, 31–38.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: CV Alfabeta, 1–334.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Deva Putri Alisa, Octarina Hidayatus Sholikhah, Liya Atika Anggrasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.