BAGAIMANA TANTANGAN GURU EKONOMI MA AL-HIDAYAT GINUK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI ABAD 21?

Putri Rizkhi Laras Sasti, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi guru ekonomi dalam pembelajaran akuntansi abad  21 di MA Al-Hidayat Ginuk. Metode dalam penelitian ini meggunakan kualitatif deskriptif. Dengan  sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan  pembelajaran abad 21 guru mengalami tantangan. Hal tersebut ditunjukkan bahwa guru telah menerapkan kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesionalisme, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Lalu guru juga telah menerapkan kompetensi 4c/4k pada siswa. Tetapi gurumasih mengalami tantangan yang berupa 1) Melek Digital, 2)Inovasi Metode, 3)Perkembangan IPTEK, 4)Media Pembelajaran berbasis tehnologi, 5)Pembelajaran berfokus pada siswa.


Keywords


Pembelajaran Abad 21, Guru Ekonomi, Tantangan

Full Text:

PDF

References


Adica. (2022). Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Generasi Z. https://www.silabus.web.id/kompetensi-guru-abad-21-sebagai-tuntutan-generasi-z/

Agung, S., Nurhidayah, A., & Suryaningsih, S. (2022). Tantangan guru sekolah luar biasa pada pembelajaran ipa di abad 21. 6(1), 43–52.

Arianti, N., & Pramudita, D. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Kerangka Community of Inquiry Dengan Model Think Pair Share. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1), 65. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.50290

Churohman, M., & Siswa, K. (2019). Tantangan guru PPKN di abad 21 dalam mendidik siswa generasi Z.

Dwiharja, L. M. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagaimedia Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Pada Era MEA", 332–344.

Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246–265. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.324

Fiddina, A. (2017). Lpmpetensi Guru yang Unggul Sebagai Solusi Pendidikan Abad 21. 87–88. http://alyafiddina.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15403/2017/10/kompetensi-guru-yang-unggul-sebagai-solusi-pendidikan-abad-21

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hatta, M. (2018). Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Lambert, J., & Cuper, P. (2008). Multimedia Technologies and Familiar Spaces: 21st-Century Teaching for 21st-Century Learners. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 8, 264–276.

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges in 21St Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12266

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 23.

Novita Sonia, T. (2019). Menjadi Guru Abad 21: Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 191–199. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38729

Nurlina, Nurfadilah, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rodhiyah, R., Anwar, K., & Jamil, Z. A. (2018). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/738/%0Ahttp://repository.uinjambi.ac.id/738/1/MPA.16.2467_RODHIYAH_PAI - rodhiyah zubir.pdf

Rohmatul Ummayah, I. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Teknologi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 10(2), 1–15.

Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). TANTANGAN GURU ABAD 21 DALAM MENGAJARKAN MUATAN SBdP DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 51–59. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.77

Sari, R. R. (2020). Tantangan Guru PAI dalam Menghadapi Era Perubahan Globalisasi Teknologi Industri 4.0 di SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suryanti, & Wijayanti, L. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Kurikulum 2013 dan Kerangka Pembelajaran Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 293–301. https://repository.bbg.ac.id/handle/706

Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1600

Yuniar, R. D. S., Nursafitri, E., & Zulfiah, T. F. (2019). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan Penggunaan Metode Group Invatigation. Jurma, 3(1), 24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Rizkhi Laras Sasti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.