Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Mengenai Volume Prisma Segitiga Ditinjau Dari Gender

Widya Norma Ambardi, Sardulo Gembong, Ika Krisdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual siswa mengenai volume prisma segitiga ditinjau dari gender. Penentuan subjek berdasarkan melihat nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas VIII serta dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran matematika pada kelas VIII tersebut sehingga subjek yang diambil yaitu 2 siswa dengan 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan untuk mewakili setiap gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil tes tulis dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Pemahaman konseptual siswa laki-laki kurang baik mengenai volume prisma segitiga. (2) Pemahaman konseptual siswa perempuan cukup baik mengenai volume prisma.

Keywords


Pemahaman Konseptual, Prisma Segitiga, Gender

Full Text:

PDF

References


Apriani, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. 1(1), 7–11.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517

Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56–67. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1053

Setiawati, Ali, M., & Yuniarni, D. (2016). Kemampuan Berhitung Berdasarkan Gender Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mujahidin 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Widya Norma Ambardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.